SOLOPOS.COM - Chicken Salad Crepe (JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti SS)

Beef Carpaccio Salad (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Ada banyak ragam salad yang bisa dijajal. Mulai dari sajian buah, salad sayur hingga modifikasi olahan daging dan sayur yang dibalut adonan crepes renyah. Penasaran kan? Makanan ini kerap dijadikan sebagai hidangan pembuka di negara Barat seperti Amerika, Italia dan negara lain di Eropa. Hampir semua negara memiliki sajian khas ini. Ya, makanan ini berisi aneka sayur dan buah segar. Untuk menambah cita rasa nikmat sajian salad, makanan ini kerap didampingkan dengan aneka olahan susu seperti keju, mayones, irisan tipis daging asap dan kepiting.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Masing-masing negara memiliki ciri khas sendiri termasuk untuk pemilihan sayuran. Menurut Chef Incharge Lor In Business Resort & Spa, Solo, Muhammad Fu’uzi, khusus untuk sajian Eropa salad Beef Carpaccio, sayuran yang digunakan pun disesuaikan lidah orang Barat. Dia mengatakan beberapa lembar daun roculla (semacam selada), mentimun, irisan daging sapi dan saus pasto jadi makanan pembuka yang nikmat. “Meski dibuat laiknya makanan barat dengan daging yang matangnya medium, lidah orang Indonesia juga bisa menikmatinya,” ulasnya.

Beda negara, beda lagi cita rasanya. Coba saja sajian salad khas Asia, dengan campuran mangga dan pepaya yang diiris memanjang ukuran korek api. Buah itu laiknya rujak yang terasa masam, manis sekaligus pedas. Sebagai pelengkapnya tiga potong kepiting soka yang digoreng krispi ditata vertikal menyembunyikan irisan kasar buah segar. “Lidah orang asia lebih tajam, mereka suka rasa asam, pedas sehingga sajiannya pun menyesuaikan,” ujar Fu’uzi.

Chicken Salad Crepe (JIBI/SOLOPOS/Dina Ananti SS)

Sementara untuk salad crepe, salah satu sajian variasinya yang begitu diminati yakni gabungan crepe, es krim, buah-buahan dan whipped cream. Menurut pegawai Villa Crepes di Solo Grand Mall, Rinjani, meski menu seperti cokelat keju dan crepe es krim menjadi pilihan favorit, perlahan cita rasa crepe yang gurih dan manis juga banyak yang mencari. Salah satunya menu crepe daging ayam. “Cita rasa saladnya berasal gabungan selada, bawang bombai dan olahan daging ayam yang terasa gurih. Sajian makin enak kala digigit bersamaan dengan crepe yang garing,” ulasnya.

Selain disajikan dengan crepe, salad kerap menjadi hidangan pelengkap laiknya acar segar. Salad yang biasa dihidangkan sesuai dengan suhu temperatur ruang ini juga dapat dipadukan dengan roti atau sandwich. Di negara Italia, ada pula salad yang disajikan seperti sup. Menurut Chef Incharge Lor In Business Resort & Spa, Muhammad Fuuzi, sup Italia ini kerap disebut gaspalo, ini merupakan jenis sajian sup dingin. Aneka bahan yang digunakan yakni semangka, mentimun, tomat dan minyak salad. Keempat bahan itu diblender kemudian disimpan di dalam lemari es beberapa saat.

Dina Ananti Sawitri Setyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya