SOLOPOS.COM - Adidas Singapore. (Instagram/@adidassg)

Solopos.com, SOLO-Gara-gara menyebutkan wayang kulit warisan Malaysia, akun Instagram Adidas Singapore diserbu warganet Indonesia.  Dalam unggahan itu, Adidas menuliskan bahwa wayang kulit merupakan warisan budaya Malaysia.

Keterangan Adidas Singapore itu lantas membuat warganet Indonesia geram lalu beramai-ramai mengkritik Adidas. “Rayakan warisan budaya Malaysia melalui sudut pandang @JAEMYC di #UltraBoost DNA City Pack kami berikutnya!” tulis akun Instagram @adidassg, dikutip dari akun Twitter @nuicemedia, Selasa (16/11/2021).

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Caption Instagram Adidas Singapore itu kemudian diubah dari Malaysia menjadi Indonesia.  “Berasal dari Indonesia, wayang kulit telah menginspirasi daerah lain di Asia Tenggara. Desain #UltraBOOST DNA City Pack memberi penghormatan kepada bentuk seni lewat menggabungkan elemen wayang kulit dengan palet warna modern, dalam pendekatan “old-meets-new” pada DNA UltraBOOST. Paket diluncurkan pada 11 November 2021. Catat tanggalnya!” tulis Instagram Adidas Singapura.

Hingga berita ini ditulis pada Selasa (16/11/2021) pukul 15.00 WIB ada 30.796 komentar di unggahan tersebut. Komentar paling populer didominasi oleh warganet Indonesia.

Baca Juga: Viral Video Gala Sky Panggil Mama, Begini Reaksi Warganet

“Wayang is Indonesian culture!” kata @tiaraseptiani.r seperti dikutip dari Instagram @adidassg, Selasa (16/11/2021).

“Wayang from Indonesia pleasee! Not Malaysia,” tulis @citcitcuid.

“WAYANG BELONGS TO INDONESIA!!!!!” kata @bababubu.id.

“Wayang is recognized by UNESCO as the original cultural heritage of INDONESIA, not from other countries. Hopefully we can all equally appreciate the cultural heritage of each country,” kata @___akhania.

Buntut dari permasalahan ini, Adidas Singapore telah merilis permintaan maaf secara resmi melalui akun Instagram resmi dari Adidas Singapore @adidassg pada Senin (15/11/2021).  “Terima kasih telah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti bahwa Wayang Kulit asli Indonesia dalam unggahan kami,” tulis Adidas.

Baca Juga: Waspadai Perubahan Warna Kuku, Bisa Jadi Indikasi Penyakit

“Kami sungguh minta maaf karena ketidaksengajaan yang sudah terjadi, dan sekarang kami mengubah unggahan kami,” lanjutnya.

Adidas juga memberi pernyataan bahwa seniman yang mendesain produk baru dari Adidas dan Adidas tidak bermaksud mengklaim karya seni Indonesia.
“Selama bekerja dengana artist untuk mengembangkan desain soal budaya yang menggambarkan Malaysia dan Asia Tenggara, kami benar-benar terinspirasi dari kekayaan budaya di negara-negara di Asia Tenggara,” lanjut Adidas seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: 5 Fakta All Too Well, Film Pendek Garapan Taylor Swift

Pernyataan Adidas ini juga ramai diperbincangkan oleh warganet di Twitter. Salah satu akun Twitter, yaitu @txtfrombrand mengunggah pernyataan dan permohonan maaf dari Adidas.

“Adidas Singapore akhirnya meminta maaf, mengubah caption dan mau mengubah design yang lebih representatif ke Malaysia,” tulis admin @txtfrombrand di cuitannya.  Unggahan tersebut ternyata juga masih memicu perdebatan warganet di kolom komentar Twitter @txtfrombrand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya