SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam menyambut malam Lailatu Qadar, umat Islam bisa melakukan beberapa amalan sesuai sunah yang diajarkan Rasulullah SAW.

Malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa sekaligus banyak ditunggu oleh umat Islam di Ramadan yang diyakini jatuh pada 10 hari terakhir Ramadan.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Hal ini berdasarkan hadis yang meriwayatkan Rasulullah SAW meningkatkan ibadahnya di 10 malam tersebut. “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al-Qur’an] pada Lailatul Qadar [malam kemuliaan]. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (bunyi Surat Al-Qadar ayat 1-3).

Ketika malam Lailatul Qadar tiba, umat muslim disunahkan melakukan beberapa amalan sesuai sunah yang diajarkan Rasulullah SAW. Menurut Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar, berikut ini amalannya.

“Kami riwayatkan dari sanad yang shahih dalam kitab al-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah, dan lain-lain bahwa Aisyah pernah berkata, ‘Wahai Rasulullah, andaikan aku mengetahui lailatul qadar, apa yang bagus aku baca?’ Rasulullah menjawab, ‘Bacalah Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku).”

Selain itu, amalan lainnya yang bisa dilakukan adalah membaca Al-Qur-an, memperbanyak amal baik, hingga menciptakan kedamaian.

Setelah melakukan amalan tersebut, jangan lupa membaca doa malam Lailatul Qadar berikut ini, yang dikutip dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online).

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.

Artinya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya