SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang membaca Al-Qur’an. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Memperingati malam Nuzulul Quran yang jatuh pada malam ke-17 bulan Ramadan, umat Islam disarankan untuk melakukan beberapa amalan yang ada di bawah ini.

Nuzulul Quran merupakan waktu di mana Al-Qur’an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Adapun wahyu yang pertama kali turun adalah Surat Al-‘Alaq ayat 1-5.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

“Iqra’ bismi rabbikal ladzi khalaq, khalaqal insana min alaq. Iqra wa rabbukal akram. Alldzi allama bil qalam. Allamal bil qalam. Allamal insana ma lam ya’lam,” kata Jibril pada kali ketiga membaca Surat Al-Alaq ayat 1-5.

Nah, untuk memperingati peristiwa penting tersebut, umat muslim bisa melakukan amalan di malam Nuzulul Quran yang dijelaskan Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online.

Menurut Ketua PCNU Sumedang, Sa’dullah, untuk mengisi malam Nuzulul Quran, umat muslim bisa tadarus, memperbanyak iktikaf, berzikir, dan memperbanyak salat malam dan doa.

“Cara-cara yang baik untuk mengisi malam Nuzulul Quran yaitu, pertama istikamah membaca Al-Qur’an. Minimal harus khatam satu kali selama bulan Ramadan. Kedua, harus memperbanyak iktikaf, selama iktikaf bacalah Al-Qur’an atau zikir lainnya. Dan yang ketiga, perbanyaklah shalat malam dan doa,” jelasnya.

1. Memperbanyak Tadarus

Tadarus atau membaca Al-Qur’an merupakan amalan yang baik untuk diistikamahkan setiap hari. Tadarus semakin dianjurkan pada bulan Ramadan karena pada bulan tersebut, semua amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya.

2. Iktikaf

Iktikaf artinya berdiam diri di dalam masjid dalam keadaan wudu dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Iktikaf bernilai pahala apabila dibarengi dengan tadarus, berzikir, dan ibadah sunah lainnya.

3. Salat Malam

Amalan selanjutnya ketika Nuzulul Quran adalah melakukan salat malam, seperti salat taubat, salat tasbih, salat hajat, salat tahajud, atau salat sunah lainnya.

4. Doa

Ketika malam Nuzulul Quran, umat muslim dianjurkan melakukan amalan membaca doa berikut ini.

Allaahumma innaka ‘afwun kariim, tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annaa.

Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf lagi Suka Mengampuni, maka ampunilah kami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya