SOLOPOS.COM - Labu merupakan salah satu elemen dekorasi dalam perayaan Halloween. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ketahui sejarah perayaan Halloween yang tahun ini jatuh pada hari ini, Selasa (31/10/2023).  Di setiap 31 Oktober, masyarakat dunia merayakan tradisi ini dengan mengubah dekorasi rumah, menonton film horor, hingga mengenakan kostum unik.

Biasanya perayaan ini  identik dengan penggunaan kostum dan berjalan keliling rumah-rumah untuk meminta permen, sembari berkata trick or treat.
Perkataan tersebut pun memiliki arti bahwa trick berarti pemilik rumah akan memberikan suatu trik atau kejutan.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Sedangkan treat berarti pemilik rumah akan memberikan hadiah berupa permen, untuk anak-anak yang datang.  Festival Halloween dirayakan secara luas di Amerika dan sebagian Eropa ini berasal dari tradisi Celtic kuno.  Selama beberapa dekade, festival bertema horor ini menjadi terkenal tidak hanya sebagai hari libur penting di Barat tetapi juga menjadi tempat khusus bagi dirinya sendiri dalam budaya pop di seluruh dunia.

Jika merujuk kepada sejarahnya, ternyata perayaan Halloween sama sekali tidak selalu berkaitan dengan hal menyeramkan. Halloween erat kaitannya dengan Hari Semua Orang Kudus. Paus Gregorius III, pada abad kedelapan, menetapkan 1 November sebagai Hari Semua Orang Kudus.

Dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (31/10/2023), malam All Saints Day dikenal sebagai All Hallows Eve, yang kemudian disebut Halloween.  Selain itu, Halloween juga diyakini berasal dari Festival Celtic berusia 2000 tahun. Komunitas Celtic merayakan Tahun Baru mereka pada tanggal 1 November, dengan Halloween dirayakan pada tanggal 31 Oktober sebagai Malam Tahun Baru.

Di Irlandia, Halloween disebut Samhain yang secara harfiah berarti akhir musim panas. Tidak hanya di Irlandia, tetapi juga di bagian lain Eropa, terutama di garis lintang utara, Halloween menandai akhir musim panas.

Praktek menyalakan api unggun untuk mengusir roh jahat selama Halloween dalam tradisi Celtic terkait dengan awal musim dingin yang lembab dan gelap, yang biasanya membawa sejumlah penyakit.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Sejarah Halloween, Hari Kudus yang Kini Identik dengan Hal Horor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya