SOLOPOS.COM - Hari Perempuan Internasional. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pada hari ini 8 Maret 2024, masyarakat memperingati hari bersejarah bagi perempuan di seluruh dunia, yakni Hari Perempuan Internasional.

Hari Perempuan Internasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 8 Maret. Hari tersebut didedikasikan untuk memperingati perjuangan perempuan dalam meraih hak-hak yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam praktiknya, Hari Perempuan Internasional tidak hanya dirayakan oleh perempuan, namun juga oleh laki-laki yang mendukung perjuangan kesetaraan gender. Hari ini dijadikan sebagai kesempatan untuk mempromosikan kesadaran dan tindakan untuk mencapai kesetaraan gender di seluruh dunia.

Mengutip sejarah Hari Perempuan Internasional di laman resmi Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB), Hari Perempuan Internasional diresmikan pertama kali pada tahun 1911 dan sejak saat itu menjadi momen penting bagi perempuan di seluruh dunia untuk bersatu dalam memperjuangkan kesetaraan gender. Setiap tahun, tema yang berbeda dipilih untuk merayakan Hari Perempuan Internasional dan memfokuskan perhatian pada isu-isu tertentu yang dihadapi oleh perempuan di seluruh dunia.

Diulas Solopos.com sebelumnya, seruan Hari Perempuan Internasional dimulai pada 1908 ketika 15.000 perempuan melakukan aksi demo di New York, Amerika Serikat, untuk menyuarakan hak mereka mengenai peningkatan standar upah dan pemangkasan jam kerja.

Ide untuk menjadikan hari itu sebagai Hari Perempuan Internasional datang dari seorang wanita yang bernama Clara Zetkin, yaitu seorang aktivis dan pembela hak-hak perempuan, di mana ia mengusulkan ide tersebut pada tahun 1910 pada International Conference of Working Women di Kopenhagen. Sebanyak 100 wanita dari 17 negara menyutujui sarannya dan kemudian memutuskan tanggal 8 Maret sebagai perayaan pertama Hari Perempuan Internasional di Austria, Jerman, Denmark dan Swiss.

Kemudian pada 1975, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengakui bahwa tanggal 8 Maret adalah Hari Perempuan Internasional dan pada tahun 2011, mantan Presiden AS Barack Obama menetapkan bulan Maret sebagai bulan sejarah bagi perempuan.

Demikian sejarah Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 8 Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya