SOLOPOS.COM - Ilustrasi hari tanpa bra alias no bra day. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — No Bra Day atau juga dikenal dengan Hari Tanpa Bra memiliki sejarah yang cukup menarik. Setiap tahunnya, Hari Tanpa Bra diperingati pada 13 Oktober yang bertujuan untuk mempromosikan kesadaran mengenai kesehatan perempuan, terutama kanker payudara.

Lebih detail lagi, tujuan perayaan hari ini untuk menggalakkan kesadaran dan mendorong perempuan untuk aktif memeriksa payudaranya sendiri serta memastikan mereka tahu apa saja ciri-ciri kanker payudara.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Bukan hanya itu saja, tujuan No Bra Day juga mendorong penderita kanker payudara untuk semangat berjuang demi kesembuhan penyakitnya.

Mengutip sejarah Hari Tanpa Bra di laman resmi Puskesmas Kuta Selatan dan Antara, No Bra Day ini awalnya dicetuskan ahli bedah plastik berbasis di Kanada Dr. Mitchell Brown pada 2011. Dr. Brown membuat Breast Reconstruction Awareness (BRA) Day di Women’s College Hospital and Toronto General Hospital.

Kala itu, dia mendorong penyintas kanker payudara untuk mempertimbangkan melakukan operasi rekonstruksi payudara pada bagian intim yang terkena kanker. Acara itu digelar dengan menghadirkan forum pertemuan antara pasien, penyintas, dan perempuan yang berisiko terkena kanker payudara dengan para dokter bedah rekonstruksi.

Pada saat itu, gerakan di acara tersebut ramai dibicarakan di media sosial dan para warganet menggunakan tagar #nobraday.

Berdasarkan sejarah Hari Tanpa Bra, sejak dicetuskan Dr. Brown, No Bra Day dulunya diperingati setiap tanggal 9 Juli. Tapi, sejak 2011 peringatan ini digeser setiap tanggal 13 Oktober yang berbarengan dengan Bulan Peduli Kanker Payudara.

Sejak awal, Hari Tanpa Bra Nasional telah berkembang pesat. Pada tahun 2014, lebih dari 250.000 perempuan di seluruh dunia membuang bra mereka untuk memperingati hari tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya