SOLOPOS.COM - SNQ Capsule Hotel di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak. (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO-Hotel kapsul merupakan salah satu pilihan akomodasi unik yang kini mulai bermunculan di berbagai destinasi karena popularitasnya sebagai pilihan hemat untuk para traveler. Meskipun identik dengan harga terjangkau kantong backpacker, ternyata banyak pula pengelola menyediakan desain unik dan fasilitas mewah.

Namun, apa itu hotel kapsul sebenarnya dan bagaimana awal mula tren tempat penginapan ini muncul serta berkembang hingga saat ini? Apakah di Indonesia sudah ada? Simak ulasannya di tips traveling ini.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Berikut ini serba-serbi hotel kapsul seperti dikutip dari traveloka.com pada Senin (21/2/2022):

1. Apa Itu Hotel Kapsul

Sebelum membahas serba-serbi hotel kapsul, ketahui terlebih dulu definisinya. Hotel kapsul adalah hotel yang hanya menyediakan kamar-kamar kecil yang hanya berisi kasur berkapasitas satu hingga dua orang saja. Umumnya ukuran dari hotel kapsul memiliki lebar 1,2 meter; panjang 2 meter, dan tinggi 1 meter sehinga tamu tidak bisa berdiri di dalam “kapsul” tersebut. Setiap kapsul ini juga ditumpuk satu sama lain.

Baca Juga: Hotel Kapsul di Jogja Ini Jadi Solusi Turis Low Budget

Hanya digunakan untuk tempat tidur dan beristirahat, berbagai fasilitas umum lainnya seperti meja, tempat mandi, televisi, dan lainnya tersedia terpisah di ruang komunal untuk digunakan bersama tamu-tamu lainnya. Hal ini membuat harga dari hotel kapsul relatif lebih murah daripada hotel-hotel konvensional pada umumnya.

2. Hotel Kapsul Pertama di Dunia

Berbicara mengenai hotel kapsul, sangat erat kaitannya dengan Jepang. Hal ini dikarenakan tren hotel kapsul pertama kali muncul di Negeri Sakura. Tepatnya pada 1979, hotel kapsul pertama di dunia dibuka di Osaka dengan nama Capsule Inn yang dirancang oleh Kisho Kurokawa dan berlokasi di distrik Umeda.

Kisho Kurokawa sendiri merupakan seorang arsitek legendaris Jepang. Sebelumnya ia juga telah merangcang “Nagakin Capsule Tower” pada 1972, sebuah bangunan residensial dengan konsep luasan yang sangat minim, namun masih lebih luas jika dibandingkan dengan hotel kapsul yang berkembang saat ini.

Baca Juga: Kerek Okupansi, Front One Cabin Solo Padukan Hotel Kapsul-Bintang

Ingin melihat langsung seperti apa hotel kapsul pertama di dunia? Tak perlu khawatir karena Capsule Inn ini masih beroperasi hingga saat ini dan menjadi salah satu hotel kapsul terbaik yang ada di Jepang, lho!

3. Hotel Kapsul di Dunia dan Indonesia

Menjadi sangat populer di kota-kota besar Jepang, khususnya Tokyo, tren hotel kapsul mulai menyebar ke berbagai belahan dunia lainnya, termasuk di Indonesia.  Di Indonesia, konsep hotel kapsul mulai diterapkan pda 2017 dan banyak bermunculan di kota-kota besar dan destinasi wisata populer seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan juga Bali. Pada Agustus 2018 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta bahkan secara resmi mengoperasikan hotel kapsul bandara pertama bernama “Digital Airport Hotel” yang berada di terminal 3.

4. Hotel untuk Pekerja Lembur

Hotel kapsul kini sangat populer sebagai pilihan akomodasi untuk para budget traveler ataupun backpacker yang memang mencari akomodasi-akomodasi yang memiliki harga terjangkau. Namun, awal mula kehadiran dari hotel kapsul di Jepang justru bukanlah untuk memenuhi kebutuhan traveler.

Baca Juga: Nyaman dan Enaknya Tidur di Hotel Kapsul Masjid Al Falah Sragen

Kehadiran hotel kapsul di kota-kota besar Jepang awalnya diperuntukkan kepada para pekerja atau karyawan yang bekerja lembur. Karena jam pulang kantor yang terlalu malam, akhirnya banyak pekerja di Jepang yang memilih untuk bermalam di capsule hotel yang kala itu memiliki harga sangat terjangkau dan mampu mengakomodasi kebutuhan mereka untuk sekedar beristirahat tidur.

5. Hotel Kapsul Terbesar di Dunia

Green Plaza di Shinjuku adalah hotel kapsul terbesar di Jepang, bahkan di dunia! Hotel kapsul yang hanya diperuntukkan untuk pria ini menyediakan tak kurang dari 630 kapsul.

Selain jumlah kapsul yang sangat banyak tersebut, hotel kapsul satu ini juga dilengkapi berbagai fasilitas menarik seperti pemandian air panas umum, sauna, hingga restoran yang siap melayani selama 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya