SOLOPOS.COM - Ilustrasi menjalankan ibadah haji. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi umat Islam menunaikan ibadah haji merupakan ibadah wajib, lalu apa beda haji furoda dan haji ONH plus? Simak ulasannya di tentang Islam kali ini.

Kendati demikian, untuk menunaikan ibadah ini, banyak umat Islam di Indonesia harus menunggu bertahun-tahun lamanya. Hal ini lantaran ada banyak umat Islam yang mendaftar untuk ibadah ini.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Nah, bila ingin tidak antri ada pilihan yaitu haji furoda dan plus, lalu apa beda keduanya? Haji furoda adalah jenis program haji tanpa antrean.

Mengutip dari nu.or.id, Sabtu (27/5/2023), haji furoda adalah haji non kuota. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2009, haji ini tidak diakui pemerintah Indonesia karena tidak masuk dalam kuota resmi rombongan haji Indonesia.

Meskipun demikian, haji furoda tetap legal karena Arab Saudi sebagai negara tujuan telah menyediakan visa khusus yang dikenal dengan nama visa mujamalah. Dengan visa haji furoda ini, maka jamaah yang sudah mendaftar bisa langsung menunaikan ibadah haji di tahun tersebut tanpa perlu antre.

Rombongan haji ini tidak ditangani pemerintah. Jemaah haji furoda langsung mendaftarkan diri dan membayar biaya hari ke agen perjalanan. Tidak adanya campur tangan pemerintah, membuat masyarakat perlu teliti dalam memilih agen perjalanan yang amanah.

Sebelum mengetahui beda haji furoda dan haji plus, ketahui terlebih dahulu besaran biaya yang harus dibayar oleh jemaah. Diketahui biaya haji furoda sekitar US$15.500 atau sekitar Rp 231 juta.

Masih banyak yang mengira bahwa haji furoda sama dengan haji plus. Yang jelas keduanya memiliki persamaan yaitu tak perlu bertahun-tahun mengantri.

Berikut ini perbedaan antara haji furoda dan haji plus:

1. Pengertian

Haji furoda adalah pelaksanaan haji karena undangan dari Kerajaan Arab Saudi. Jamaah haji furoda nantinya akan menggunakan visa mujamalah yang dikeluarkan oleh kedutaan negara, sehingga tidak perlu antre.

Sementara itu, haji plus adalah program haji resmi yang masuk dalam kuota pemerintah lewat Kementerian agama. Calon jamaah yang mendaftar dalam program haji plus tetap harus menunggu antrean, hanya saja jangka waktunya tidak lebih lama dari haji reguler.

2. Harga dan fasilitas

Beda haji furoda dan haji plus berikutnya bisa dilihat dari harga dan fasilitas yang diperoleh. Jika dilihat dari harga, haji furoda lebih mahal dibandingkan haji plus. Harga haji furoda sekitar Rp231 juta, sedangkan haji plus Rp164 juta. Fasilitas yang diberikan pun berbeda. Fasilitas untuk haji furoda diketahui lebih mewah dibandingkan haji plus. Itulah penjelasan seputar haji furoda yang perlu diketahui.

Jika Anda ingin segera menunaikan ibadah haji tanpa harus menunggu antrean, haji furoda bisa menjadi solusinya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Apa itu Haji Furoda? Ini Syarat dan Perbedaannya dengan Haji Plus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya