SOLOPOS.COM - Ilustrasi membawa ponsel ke toilet (e27.co)

Solopos.com, SOLO—Berkembangnya teknologi yang kian pesat, membuat banyak orang ketergantungan dengan gadget.

Tidak bisa dimungkiri gadget merupakan benda yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Sehingga saat bepergian ataupun pergi ke toilet pun tak jarang orang tetap membawa gadget.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mungkin kebanyakan orang akan bosan ketika menghabiskan waktu tanpa melakukan apa pun saat buang air besar (BAB).

Dulu banyak orang yang sengaja membawa koran, komik, atau buku untuk menghilangkan rasa bosan mereka saat BAB. Saat ini orang-orang cenderung memilih gadget,terutama ponsel saat BAB di toilet. Padahal membawa gadget saat BAB ini membawa efek buruk bagi kesehatan hlo.

Menurut ahli mikrobiologi di University of Arizona, Charles Gerba, PhD dan Kelly Reynolds, PhD, toilet sama sekali bukan tempat yang bersih, terlebih toilet umum. Tempat ini bisa dikatakan memiliki berbagai macam jenis kuman, bakteri serta patogen berbahaya lainnya.

Dilansir dari Detik.com serta media lainnya, berikut beberapa risiko buruk BAB dengan membawa gadget.

Sinergitas GN-KPA Dalam Aksi Bersih Kawasan Waduk Cengklik

1.Menyebarkan banyak bakteri

Sebuah penelitian di University of Arizona menemukan bahwa bermain gadget di toilet diketahui dapat membawa bakteri sebanyak sepuluh kali lipat lebih banyak dibandingkan dudukan toilet.

Gadget ini lebih kotor daripada dudukan toilet. Gadget yang digunakan sepanjang hari rentan menjadi sarangnya bakteri karena sering dipegang-pegang. Ketika sedang buang air besar, kemungkinan besar gadget membawa bakteri E.coli yang menyebabkan masalah usus.

2.Risiko picu ambeien

Ketika bermain gadget saat BAB, seseorang akan duduk dengan rentan waktu yang lebih lama. Jelas, karena konsentrasi untuk mengeluarkan feses terdistraksi dengan apa yang dilihat pada gadget.

Kondisi ini meningkatkan kemungkinan kamu terkena ambeien karena lebih banyak waktu yang dihabiskan di toilet di mana tekanan diberikan pada organ tubuh.

3.Difungsi panggul

Menghabiskan waktu lama saat BAB dapat mengganggu sel-sel di tubuh dan menimbulkan masalah otot. Organ tubuh seperti usus, kandung kemih, dan organ intim bisa bermasalah karena otot dasar panggul tidak cukup kuat untuk menopangnya. Postur tubuh juga berpengaruh pada pinggul, terutama jika membungkuk dalam waktu lama.

Biar Anak Paham, Terangkan 3M melalui Dongeng dan Lagu

Pencegahan

Untuk mengurangi kemungkinan Anda terinfeksi penyakit dari kebiasaan bermain gadget di toilet, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan serta lakukan, yaitu:

1.Cuci tangan

Cuci tangan merupakan hal yang mudah dilakukan. Tetapi, sayangnya jarang sekali untuk dipraktekkan. Mayoritas orang tidak melakukan teknik cuci tanga dengan benar. Padahal dengan mencuci tangan yang benar dapat mencegah risiko penyebaran bakteri. Jika dalam keadaan yang mendesak bisa gunakan handsanitizer sebagai ganti mencuci tangan dengan sabun serta air yang mengalir.

2. Rutin membersihkan gadget

Menjaga kebersihan gadget juga sangat penting. Gadget Anda merupakan sarang bakteri dan kuman yang bisa meningkatkan risiko infeksi. Maka dari itu penting bagi Anda untuk merawat serta menjaga kebersihan Gadget Anda.

Sederhananya, Anda bisa membersihkan gadget dengan alkohol maupun cairan antiseptik, namun mengingat gadget Anda merupakan salah satu alat elektronik mahal, Anda harus menggunakan cara lain. Sebagai gantinya, Anda bisa membersihkan gadget menggunakan kain bersih yang lembut setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya