SOLOPOS.COM - Ilustrasi musisi

Solopos.com, JAKARTA-Jenis kecerdasan seperti apa yang kamu miliki? Berikut ini 9 jenis kecerdasan berbeda yang bisa kamu jadikan dasar untuk menilai kecerdasanmu.

Kita semua tidak secara alamiah terampil dalam hal yang sama. Beberapa orang lebih atletis dan memiliki koordinasi yang lebih baik. Ada yang lebih cepat memahami bahasa dan kata-kata di usia muda, sementara yang lain lebih baik dalam hal angka dan memvisualisasikan pola.

Promosi Wealth Management BRI Prioritas Raih Penghargaan Asia Trailblazer Awards 2024

Melansir Your Tango, Minggu (23/7/2023), berikut adalah 9 jenis kecerdasan yang berbeda:

  1. Kecerdasan naturalis

Orang dengan kecerdasan naturalis memiliki kepekaan dan apresiasi terhadap alam. Mereka sering kali pandai memelihara dan menumbuhkan sesuatu (green thumb) serta memiliki kemampuan untuk merawat dan berinteraksi dengan hewan.

Mereka suka memiliki hewan peliharaan, belajar tentang alam, dan suka berkemah, mendaki, berjalan kaki, dan memanjat. Mereka juga memiliki kesadaran akan perubahan cuaca.

  1. Kecerdasan musikal

Jika kamu cerdas secara musikal, kamu menyukai musik, menghargai ritme dan komposisi, serta berbakat dalam menyanyi atau memainkan alat musik.

Kamu juga dapat dengan mudah menghafal lagu, membedakan suara, dapat segera mengetahui ketika ada nada yang tidak sesuai, dan hampir selalu memiliki lagu yang terlintas di kepala kamu.

  1. Kecerdasan logis-matematis atau kecerdasan angka dan penalaran

Jika ini adalah jenis kecerdasan kamu, kamu memiliki kemampuan untuk berpikir secara konseptual dan abstrak serta memiliki kemampuan untuk melihat pola-pola logis dan numerik. Orang dewasa muda dengan kecerdasan logis yang tinggi tertarik pada pola, kategori, dan hubungan. Mereka tertarik pada masalah aritmatika, permainan strategi, dan eksperimen.

  1. Kecerdasan eksistensial

Orang dengan kecerdasan eksistensial memiliki pertanyaan-pertanyaan mendalam tentang keberadaan manusia, dan mereka terus berpikir tentang makna hidup, mengapa kita mati, dan bagaimana kita sampai di sini.

  1. Kecerdasan interpersonal atau kecerdasan antarpribadi

Individu dengan jenis kecerdasan ini mampu mendeteksi dan merespons (dengan cara yang tepat) suasana hati, motivasi, dan keinginan orang lain.

Jika ini adalah jenis kecerdasan kamu, kamu adalah seorang pemimpin di antara rekan-rekan kamu, pandai berkomunikasi, dan memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan berbagai sudut pandang.

  1. Kecerdasan tubuh-kinestetik

Jelas, orang-orang dengan kecerdasan ini menyukai gerakan, baik itu olahraga atau tarian, atau segala jenis aksi. Mereka belajar dengan melakukan, terkoordinasi dengan baik dengan keterampilan motorik yang fantastis, memiliki banyak energi fisik, dan senang mencari tahu bagaimana sesuatu bekerja.

  1. Kecerdasan linguistik

Orang yang memiliki kecerdasan linguistik biasanya senang membaca, menulis, dan belajar bahasa. Orang yang diberkati dengan kecerdasan linguistik pandai mengajar dan menjelaskan berbagai hal kepada orang lain, dengan cara yang mudah dimengerti. Mereka akan menyadari kesalahan tata bahasa, memiliki kosakata yang banyak, mampu mengingat kutipan dan ucapan terkenal, menyukai permainan kata-kata dan menghargai koleksi buku mereka.

  1. Kecerdasan intrapersonal atau kecerdasan diri

Orang dengan kecerdasan intrapersonal mahir melihat ke dalam diri mereka dan mencari tahu perasaan, motivasi, dan tujuan mereka sendiri. Mereka biasanya perfeksionis, mandiri, intuitif, tertutup, dan belajar serta bekerja paling baik saat sendirian.

  1. Kecerdasan spasial

Jika kamu memiliki kecerdasan seperti ini, kamu memiliki kemampuan untuk berpikir dalam gambar dan foto serta memvisualisasikannya secara akurat dan abstrak. Dengan kata lain, kamu dapat berpikir dalam tiga dimensi. Orang dengan kecerdasan seperti ini sering kali terpesona dengan labirin atau teka-teki jigsaw dan menghabiskan sebagian besar waktu luangnya untuk menggambar atau melamun.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Ternyata Ada 9 Jenis Kecerdasan Berbeda, kamu Termasuk yang Mana?”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya