SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita memakai krim perawatan kulit. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Agar perawatan optimal, ketahui tahapan pakai skincare yang benar baik untuk pagi maupun malam. Untuk menjaga kesehatan kulit, simak ulasannya di tips perawatan kulit kali ini.

Menggunakan skincare secara rutin merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.  Menjaga kulit wajah tetap lembut dan bebas kerutan memang jadi tantangan tersendiri.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Selain lewat pemilihan makanan dan pola hidup sehat, perawatan kulit wajah juga bisa dilakukan melalui krim wajah. Namun masalahnya bagaimana urutan pemakaian krim yang benar?

Sebenarnya tidak ada tahapan pakai skincare yang paling benar. Hanya, ada cara optimal untuk mengaplikasikan produk perawatan kulit. Baik penggunaan dalam tiga atau sebelas tahapan.

Hal yang paling penting, yaitu gunakan produk yang paling ringan terlebih dahulu. Terakhir, gunakan produk yang paling berat. Sebab, produk yang ringan tidak bisa menembus produk yang lebih tebal.

Misalnya, bila kamu menggunakan serum yang ringan di atas moisturizer tebal, serum tidak akan bisa menembus kulit yang sudah diaplikasikan moisturizer.  Dengan begitu, produk tersebut tidak bisa bekerja dengan efektif.

Nah, dengan mengingat hal penting tersebut, kamu bisa mengira-ngira produk mana yang harus kamu aplikasikan terlebih dahulu dan seterusnya. Pemakaian skincare tidak boleh terbalik atau keliru. Sebab, langkah ini tidak akan memaksimalkan kinerja penyerapan produk di kulit.

Berikut ini tahapan pakai skincare di pagi hari dikutip dari halodoc.com pada Rabu (31/1/2024):

1. Pembersih wajah

Rutinitas perawatan kulit wajah harus selalu kamu mulai dengan membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah.  Tujuannya untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk sepanjang malam.

2. Toner

Urutan pakai skincare yang benar selanjutnya, yaitu menggunakan toner. Produk perawatan wajah ini tidak hanya bisa menyegarkan, tapi juga mempersiapkan kulit kamu untuk rangkaian perawatan kulit selanjutnya.

3. Serum

Setelah menggunakan toner, urutan skincare yang benar selanjutnya adalah serum.  Produk ini bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan melindunginya dari polusi, juga memberikan bahan-bahan terkonsentrasi seperti antioksidan.

4. Moisturizer

Selanjutnya, aplikasikan moisturizer atau pelembap yang membantu menjaga kesehatan dan membuat kulit tampak lebih muda.  Langkah ini juga membantu mencegah kulit menjadi kering dan tidak berminyak berlebihan.

5. Krim mata

Kulit sensitif di sekitar mata kamu membutuhkan perhatian khusus. Karena itu, penting untuk menggunakan krim mata di pagi hari untuk membantu merawat munculnya kerutan.

6. Sunscreen

Terakhir, tahapan pakai skincare yang benar untuk pagi hari, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen, baik saat kamu hanya berada di rumah atau pergi ke luar.  Tujuannya untuk melindungi kulit dari sinar UV yang bisa merusak sel kulit dan membuatnya menua sebelum waktunya. Untuk rutinitas pagi, gunakan produk dengan SPF minimal 30.

Tahukah kamu bahwa proses regenerasi kulit terjadi saat malam hari? Itulah mengapa penting pemakaian skincare di malam hari untuk menutrisi dan mengoptimalkan kesehatan dan kecantikan kulit.

Berikut ini tahapan pakai skincare di malam hari yang benar:

1. Double Cleansing

Di malam hari, penting untuk melakukan double cleansing. Hal itu karena kulit wajahmu sudah terpapar banyak polutan ketika beraktivitas sepanjang hari.  Pertama, urutan memakai skincare yang benar untuk malam hari, gunakan pembersih berbasis minyak terlebih dahulu.

Setelah itu, akhiri dengan menggunakan pembersih berbasis air.

2. Toner

Selanjutnya, tahapan pakai skincare yang benar yaitu gunakan toner yang kamu aplikasikan di pagi hari. Ingatlah untuk memilih produk yang diformulasikan sesuai dengan jenis dan kondisi, juga masalah kesehatan kulit.

3. Serum

Penggunaan serum di malam hari bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri.  Pilih serum dengan AHA atau BHA, asam hialuronat, antioksidan atau peptida.

4. Moisturizer

Sama seperti di pagi hari, urutan memakai skincare yang benar selanjutnya setelah serum adalah moisturizer. Tergantung pada jenis kulit, kamu bisa menggunakan produk moisturizer yang sama pada pagi dan malam hari.

Selain itu, kamu bisa memilih produk yang mengandung SPF di pagi hari dan produk yang lebih lembut dan lebih menghidrasi di malam hari.

5. Krim Mata

Setelah moisturizer, tahapan pakai skincare yang benar berikutnya yaitu gunakan krim mata, sama seperti di pagi hari. Krim mata yang sama bisa digunakan untuk pagi dan malam.



Selain itu, kamu bisa memilih produk dengan SPF untuk pagi hari dan krim mata untuk menghidrasi untuk malam hari.

6. Retinol

Retinol tersedia dalam beberapa bentuk, seperti minyak dan serum, dan sering dicampur dengan krim pelembap untuk mengurangi iritasi.  Produk skincare ini bisa menyebabkan sensitivitas terhadap sinar UV, jadi paling baik kamu gunakan pada malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya