SOLOPOS.COM - Ilustrasi salat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam menyambut malam Lailatul Qadar, umat Islam disarankan menjalan salat sunah dan berdoa kepada Allah SWT.

Malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa sekaligus banyak ditunggu oleh umat Islam di Ramadan yang diyakini jatuh pada 10 hari terakhir Ramadan.

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Hal ini berdasarkan hadis yang meriwayatkan Rasulullah SAW meningkatkan ibadahnya di 10 malam tersebut. “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al-Qur’an] pada Lailatul Qadar [malam kemuliaan]. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (bunyi Surat Al-Qadar ayat 1-3).

Ketika malam Lailatul Qadar, umat muslim disunahkan melakukan berbagai amalan, seperti membaca Al-Qur’an, memperbanyak amal baik, menciptakan kedamaian, hingga salat dua rakaat dengan tata cara yang telah diatur oleh Islam.

Mengutip laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), berikut ini tata cara salat sunah malam Lailatul Qadar lengkap dengan bacaan doanya.

1. Membaca Surat Al-Fatihah pada rakaat pertama.
2. Membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 7 kali setelah Surat Al-Fatihah pada rakaat pertama.
3. Membaca Surat Al-Fatihah pada rakaat kedua.
4. Membaca Surat Al-Ikhlas sebanyak 7 kali setelah Surat Al-Fatihah pada rakaat kedua.
5. Setelah salam membaca istighfar sebanyak 70 kali dengan bunyi, astaghfirullaaha wa atuubu ilayhi (Aku memohon ampunan Allah dan aku bertobat kepada-Nya).

Berdasarkan riwayat ydalam kitab Durratun Nashihin, bagi umat muslim yang mengamalkan salat sunah dua rakaat malam Lailatul Qadar dengan tata cara tersebut, Allah akan mengampuninya dan mengampuni kedua orang tuanya ketika ia bangun dari duduknya.

Sebagai informasi, dalam malam Lailatul Qadar, umat muslim juga disunahkan membaca doa berikut ini.

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni.

Artinya: Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya