SOLOPOS.COM - Ilustrasi Teh Hijau. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Indonesia merupakan salah satu negara penghasil teh terbaik di dunia. Teh memiliki berbagai jenis, salah satunya ialah teh hijau yang terkenal manfaatnya untuk diet.

Tahukah Anda teh hijau memiliki manfaatk kesehatan selain untuk diet menurunkan berat badan? ternyata teh hijau juga memiliki berbagai khasiat lain bagi kesehatan tubuh.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Teh merupakan minuman yang memiliki banyak penggemar di semua kalangan usia. Tak heran, teh menjadi minuman yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, Kamis (10/8/2023), berikut sejumlah manfaat teh hijau selain hanya untuk diet.

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan polifenol dalam teh hijau disebut dapat membantu menghambat pertumbuhan berbagai sel kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker payudara. Namun untuk memastikan efektivitas teh hijau dalam menangkal kanker masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain untuk diet karena mampu meningkatkan metabolisme tubuh, teh hijau juga dapat menjaga otak dari penuaan. Bukan hanya bermanfaat meningkatkan fungsi otak dalam jangka waktu pendek, teh hijau juga mempu melindungi otak seiring bertambahnya usia.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Khasiat teh hijau yang jarang diketahui masyarakat ialah kemampuannya untuk mengatasi bau mulut. Kandungan tanin dalam teh hijau dapat menekan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain itu, teh hijau juga mampu mencegah karies dan pembentukan plak pada gigi.

  1. Membantu Tubuh Lebih Rileks

Bahan kimia alami dalam teh hijau memiliki efek yang dapat menenenangkan, kandungan ini bernama theanine. Oleh sebab itu, teh hijau mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, teh hijau dapat membantu tubuh lebih rileks. Tentu saja keadaan tubuh yang lebih rileks mampu membuat tidur lebih nyenyak pula. Kandungan theanine dalam teh hijau memiliki efek anti stres, hal ini mampu membantu tidur lebh nyenyak dan membantu memperbaiki kualitas tidur.

Itu tadi beberapa khasiat dari mengonsumsi teh hijau selain untuk diet. Sebaiknya teh hijau dikonsumsi tanpa gula agar khasiatnya dapat lebih optimal dirasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya