SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google/atjeh.co)

Ilustrasi (google/atjeh.co)

JAKARTA–Sayur, telur dan teh hijau memiliki beragam manfaat, diantaranya meningkatkan memori dan fungsi otak.

Promosi BRI Perkuat Kolaborasi Strategis dengan Microsoft Dorong Inklusi Keuangan

Ya, mengonsumsi makanan atau minuman tertentu diketahui dapat membantu meningkatkan memori dan fungsi otak. Seiring peningkatan tersebut, kemampuan Anda untuk belajar dan menjadi lebih pintar pun akan meningkat.

Berikut lima makanan dan minuman yang dapat membantu proses belajar Anda, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (6/6/2013):

1. Ikan
Masalah umum yang beberapa orang hadapi saat ini adalah mengingat tugas sehari-hari yang sederhana. Jika Anda termasuk orang yang ingin meningkatkan kemampuan mengingat, masukkan ikan dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Para ahli mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan-ikanan seperti ikan sarden, salmon, dan makarel, sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan, terutama untuk otak. Sertakan porsi ikan dalam menu makan Anda setidaknya dua kali sepekan untuk mencegah sering lupa.

2. Sayur-sayuran
Meskipun tidak terlalu disukai oleh sebagian besar orang, penelitian mengungkapkan bahwa sayuran sangat baik untuk otak. Bayam dan brokoli tinggi akan antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten. Keduanya dikenal sehat untuk tubuh. Selain itu, bayam dan brokoli juga mengandung folat yang dikenal mampu meningkatkan kecepatan otak dalam menerima informasi dan mengingatnya.

3. Telur
Telur banyak mengandung mineral dan vitamin, sehingga menjadikannya sebagai salah satu makanan yang baik bagi otak. Telur juga kaya akan zat besi, yodium, dan vitamin B12. Zat besi berfungsi untuk menciptakan sel darah merah, sedangkan sel darah merah ini membawa oksigen ke otak. Dengan begitu, memasukkan telur dalam menu makanan akan membuat Anda lebih waspada. Selain itu, yodium yang juga terkandung di dalam telur juga dikenal meningkatkan kemampuan otak untuk memecahkan masalah.

4. Teh Hijau
Tahukah Anda bahwa otak terdiri dari hampir 80 persen air? Ini berarti Anda harus tetap terhidrasi agar otak dapat berfungsi dengan baik. Selain minum minimal delapan gelas per hari, Anda juga bisa sempatkan diri untuk minum secangkir teh hijau setiap hari. Para peneliti mengungkapkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan kewaspadaan mental dan memori, sementara antioksidan di dalamnya mengurangi risiko demensia.

5. Cokelat
Cokelat kaya akan flavonoid, sebuah zat kimia yang dapat meningkatkan kerja otak. Mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate diketahui dapat meningkatkan keterampilan kognitif. Para ahli menambahkan bahwa flavonoid juga dapat mengaktifkan pembentukan neuron baru di otak, sehingga memori baru dapat dibentuk dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya