SOLOPOS.COM - Ketahui di usia berapa Mr P berhenti tumbuh. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Pertanyaan yang acap bikin penasaran menyangkut ukuran penis kaum pria adalah di usia berapa Mr P mulai tumbuh dan kapan berhentinya?  Bagi kamu yang peduli dengan kesehatan reproduksi pria, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Ukuran dan bentuk alat kelamin pria selama ini jadi tolok ukur kejantanan dan keperkasaan mereka di tempat tidur, termasuk untuk memuaskan pasangan. Karena itu tak sedikit kaum pria menginginkan ukuran penis mereka bisa bertambah terus.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, Mayoritas Analis Rekomendasi Beli Saham BBRI

Namun masalahnya, pertumbuhan penis tersebut ada batas waktunya. Pertumbuhan penis dimulai sejak dalam kandungan. Selama beberapa minggu pertama kehamilan, organ seks bayi perempuan dan laki-laki akan terlihat sama. Barulah ketika ada pengaruh testosteron, organ seks bayi laki-laki mulai berkembang menjadi penis dan sepasang testis dalam buah zakar.

Sebelum mengetahui di usia berapa Mr P berhenti tumbuh, ketahui terlebih dulu bahwa pertumbuhan penis biasanya dimulai pada pekan ke-9 kehamilan dan akan terbentuk sepenuhnya pada akhir minggu ke-20.

Dikutip dari hellosehat.com pada Jumat (17/2/2023), dari bayi baru lahir hingga anak-anak, biasanya ukuran penis bertumbuh lambat. Mungkin akan menetap. Barulah kemudian mulai bertumbuh panjang dan menebal di rentang usia 10 tahun-14 tahun saat mulai masuk puber, dan terus terjadi sampai 18 tahun. Pertumbuhan penis paling cepat terjadi di antara usia 12 tahun sampai 16 tahun, tergantung kapan anak laki-laki tersebut mulai masuk usia puber.

Di masa puber, karakteristik fisik dan seksual pria mulai mengalami perubahan, mulai dari suara yang nge-bass, badan tumbuh bulu, hingga penis dan testis yang membesar diikuti dengan rambut kemaluan.

Mr P akan berhenti tumbuh di usia masa puber berakhir. Berhubung akhir masa pubertas berbeda-beda setiap orang, maka waktu pertumbuhan alat kelamin pria ini pun berhentinya berbeda-beda. Secara umum, remaja harus menunggu satu atau dua tahun setelah mereka berhenti tumbuh tinggi, atau empat sampai enam tahun setelah testis membesar, sebelum mereka dapat mengetahui ukuran penis terakhir mereka.

Banyak pria mencapai pertumbuhan penis maksimal di usia 18 tahun hingga 21 tahun. Pada dasarnya sulit untuk menentukan ukuran penis normal. Ukuran penis tiap orang tergantung pada gen yang dimilikinya, sama seperti ukuran tangan, kaki, dan warna mata Anda. Perlu diingat, ukuran penis tidak ada hubungannya dengan kejantanan atau kemampuan seksual.

Dalam Journal of Urology, ukuran penis secara umum saat sedang lembek sekitar 8,8cm – 10cm dan saat ereksi bisa mengembang jadi sekitar 13 cm-14,2 cm. Sementara, ukuran penis rata-rata pria Indonesia saat ereksi berada di rentang 10,5-12,8 cm.

Jadi setelah tahu di usia berapa Mr P berhenti tumbuh, sebaiknya kamu jangan mudah termakan iklan pembesar penis yang ada di luaran sana. Sebab setelah berhenti tumbuh, kamu sebenarnya tidak bisa mengubah banyak ukuran penis kamu. Bagi kebanyakan pria, panjang penis yang mereka capai setelah melewati masa puber ini akan menjadi ukuran maksimum penis mereka untuk seumur hidup mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya