SOLOPOS.COM - Ilustrasi pria bertelanjang dada. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sebagian dari kita mungkin penasaran mengenai fungsi atau kegunaan organ puting yang terdapat pada dada para pria. Maklum, meski tak bisa menyusui, pria juga memiliki puting pada dada mereka.

Direktur Pusat Anatomi dari Icahn School of Medicine at Mount Sinai, New York, Amerika Serikat, Jeffrey Laitman, Ph.D., menjelaskan pria dan wanita diciptakan dalam bentuk yang sama saat di dalam rahim. Dengan begitu, baik pria dan wanita pasti memiliki puting.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Baca Juga: Penis Bengkok Bisa Bikin Impoten, Ketahui Sebabnya!

“Secara embriologis, sebelum kelahiran, dalam apa yang kita sebut embrio pada periode janin, [baik pria dan wanita memiliki] jenis jaringan payudara netral dan area puting netral,” jelasnya seperti dikutip dari Mens Health, Rabu (4/11/2021).

Pernyataan Jefferey itu diamini ahli paleoantropologi dari American Museum of Natural History, New York, Ian Tattersall. Mengesampingkan fungsi, Ian berpendapat pria memiliki puting sama dengan wanita, namun perkembangannya berbeda saat masa puber.

“Pada dasarnya, pria dan wanita semuanya dibangun dari cetak biru genetik yang sama. Kemudian, [mereka] berkembang ke arah yang sedikit berbeda [di dalam rahim dan] terutama setelah kita mencapai pubertas,” ujarnya kepada Live Science.

Baca Juga: Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

Pernyataan ahli anatomi dan ahli paleoantropologi itu memang menjawab pertanyaan mengapa pria bisa memiliki puting. Padahal, pria tak menyusui layaknya wanita.

Fungsi Puting Pria

Jefferey menjelaskan puting pada pria sebenarnya juga bisa memiliki fungsi untuk laktasi, sama dengan wanita. Namun, saluran laktiferus dan area penghasil susu pada puting pria memiliki spektrum jauh lebih kecil dibandingkan dengan wanita, sehingga tak bisa digunakan untuk menyusui.

Baca Juga: Waspada! Gowes Bisa Bikin Impoten? Ini Solusinya

Sedikit berkelakar, sang direktur pusat anatomi tersebut puting pria merupakan bonus dari Tuhan. Puting pada pria bisa memiliki fungsi sebagai organ penerima rangsangan seksual.

“Puting bukanlah struktur yang tidak berguna pada pria. Itu ada karena sangat sensitif. Zona erotis dalam diri kita sangat penting. Jadi, itu [puting] telah dipertahankan [pada dada pria] untuk tujuan itu,” beber Jefferey.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya