SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum kopi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Selama ini orang percaya jika waktu terbaik untuk minum kopi ialah di pagi hari sesudah bangun tidur atau sebelum makan. Namun ternyata pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Tak sedikit orang justru memanfaatkan kopi untuk menambah mood mereka di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Jika dilihat dari sisi kesehatan, minum kopi di pagi hari justru tidak begitu bagus untuk metabolisme tubuh kita.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Secara ilmiah kopi terbukti dapat memenuhi tubuh dengan antioksidan alami, bertindak sebagai penenang, dan memperbaiki DNA. Jika Anda mengkonsumsi kopi secara teratur Anda akan dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan bahkan penyakit Parkinson.

Lalu kapan waktu terbaik untuk minum kopi agar terhindar dari masalah kesehatan di kemudian hari? Dilansir dari healthline.com pada Sabtu (15/7/2023), sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi setelah bangun tidur karena di waktu-waktu tersebut produksi hormon kortisol kita sedang dalam puncaknya, kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan hormon ini.

Kadar kortisol yang meningkat dalam jangka waktu yang lama dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh kita, sehingga menyebabkan masalah kesehatan. Jadi waktu yang terbaik untuk mengkonsumsi kopi ialah 3 hingga 7 jam setelah bangun tidur atau sebelum siang hari, karena pada waktu-waktu tersebut hormon kortisol dalam tubuh menurun.

Waktu terbaik lainnya untuk minum kopi yaitu 30 menit-60 menit sebelum berolahraga. Kopi dikenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan kewaspadaan, tetapi minuman ini juga dapat meningkatkan performa olahraga yang efektif karena kandungan kafeinnya.

Di beberapa penelitian mengatakan bahwa kafein dapat menunda kelelahan saat berolahraga dan meningkatkan kekuatan dan tenaga otot. Nah dosis kafein yang efektif untuk meningkatkan performa olahraga adalah 3-6 mg/kg.

Selain itu, kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan performa olahraga, namun juga dapat menyebabkan masalah tidur dan kecemasan pada beberapa orang, biasanya efek kafein tersebut berlangsung selama 3-5 jam.

Waktu terbaik minum kopi sebaiknya juga tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Namun jika masih ingin minum kopi Anda dapat minum minimal 6 jam sebelum tidur. Anda juga dapat mengganti kopi dengan teh hijau yang juga mengandung kafein meski pun hanya sepertiga dari kopi. Teh hijau ini juga mengandung asam amino L-theanine, yang dapat membuat tubuh rileks dan menenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya