SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita menimbang tubuh. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Memiliki tubuh ideal merupakan impian sebagian besar kaum Hawa, lalu sebenarnya berapakah berat badan rata-rata wanita Indonesia? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Setiap orang memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang berbeda-beda.  Bukan soal tidak mencintai bentuk tubuh sendiri. Namun, memiliki berat badan ideal lebih mengacu pada kondisi tubuh yang sehat. Pasalnya, memiliki berat badan berlebih atau obesitas bisa berdampak pada kesehatan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Begitu pun dengan berat badan yang terlalu ringan. Sebab, hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatan. Terlalu kurus akibat kekurangan nutrisi berdampak pada penurunan kinerja sistem imun tubuh. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung berat badan ideal, yaitu menggunakan rumus Broca.

Sebelum mengetahui berat badan rata-rata wanita Indonesia, ketahui terlebih dahulu rumus yang ditemukan oleh Paul Broca ini membedakan cara menghitung antara pria dan wanita. Hal ini disebabkan karena pria dan wanita memiliki komposisi tubuh yang berbeda.

Dikutip dari halodoc.com pada Jumat (16/6/2023), meskipun pria dan wanita memiliki cara yang berbeda dalam menghitung berat badan ideal, rumus ini tidaklah rumit. Berikut adalah rumusnya:

– Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen]
– Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen]

Misalnya untuk pria, jika kamu memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitungnya adalah (170-100)-[(170-100)x10%], 70-7= 63. Jadi, berat badan ideal kamu adalah 63 kilogram.

Sedangkan, jika kamu seorang wanita dengan tinggi badan 158, cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15%), 58-8,7= 49,3. Jadi, berat badan kamu adalah 49,3 kilogram.

Sebelum mengetahui berat badan rata-rata wanita Indonesia, ketahui pula bahwa untuk mengetahui bobot ideal bisa juga memakai Body Mass Index (BMI). BMI adalah cara menghitung berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. Berbeda dengan cara perhitungan sebelumnya yang membedakan cara perhitungan pria dan wanita, BMI dibedakan berdasarkan usia.

Sebelum mencoba kalkulator BMI, ada baiknya mengetahui beberapa keterangan mengenai perhitungan ini:

Angka BMI normal berada pada kisaran 18,5-25.
Jika angka BMI melebihi 25, kamu memiliki berat badan berlebih.
Sedangkan, jika angka BMI berada di bawah 18 berarti berat badanmu kurang.
Jika angka BMI sudah melebihi angka 40, sebaiknya lakukan penanganan secepatnya karena angka ini menunjukkan tanda bahaya.

Cara menghitungnya:

Berat badan ideal = Berat badan (kilogram): Tinggi badan (meter)

Sebagai contohnya, jika berat badan kamu 47 kilogram dan tinggi badan 1,63 meter, nilai BMI kamu adalah 47:(1,63)= 17.8. Berarti, berat badan kamu termasuk di bawah rata-rata.

Nah berdasarkan worlddata.info, rata-rata berat badan wanita Indonesia adalah 56,2 kg dan BMI adalah 23,7. Sedangkan tinggi tubuh rata-rata 1,54 meter. Berdasarkan data tersebut bisa dibilang BMI perempuan Indonesia masih masuk kategori normal.

Sedangkan untuk kaum pria memiliki berat badan rata-rata 61,4 kg  dan BMI 22,4. Sementara tinggi tubuh rata-rata kaum Adam di Indonesia adalah 1,66 meter. Berdasarkan data tersebut, BMI pria Indonesia masuk kategori normal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya