SOLOPOS.COM - Gaya hidup sehat harus selalu diaplikasikan meski kamu sedang berpuasa, misalnya olahraga. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Gaya hidup sehat harus selalu diaplikasikan meski kamu sedang berpuasa, misalnya olahraga.

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti kamu berhenti berolahraga ya. Olahraga tetap bisa dilakukan tentunya dengan memperhatikan waktu berolahraga dan jenis olahraganya. Berikut lima olahraga ringan yang tetap bisa kamu lakukan selama puasa.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

1. Yoga

Gerakan yang tidak terlalu menguras energi membuat yoga menjadi olahraga yang tepat dilakukan saat berpuasa. Prosesi yoga yang berfokus pada pelatihan teknik pernapasan, akan membantu proses penyuplaian oksigen ke dalam otak dan membantu kita untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa. Yoga juga membantu proses detoksifikasi tubuh lebih maksimal. Lakukan selama 15-30 menit di sore hari menjelang buka puasa.

2. Jogging/Treadmill Ringan

Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari dan/atau saat sore menjelang waktu berbuka.

Jogging di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit untuk menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa, namun tetap pasang intensitas jogging yang ringan demi mencegah terjadinya dehidrasi yang berlebihan.

3. Jalan Santai

Jika kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk jogging, jalan santai bisa jadi alternatif. Jalan santai sangat baik untuk kesehatan otot tulang belakang dan jantung. Jalan 10 ribu langkah per hari dapat mencegah osteoporosis. Namun, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa.

4. Bowling

Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang condong kepada bentuk permainan. Olahraga ini membantu kita menjadi lebih rileks dan tetap berstamina. Bowling menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang juga bisa kita lakukan selama berpuasa. Kita dapat bermain bowling selama menunggu waktu berbuka puasa dengan tetap menjaga keseimbangan gerak tubuh agar stamina tetap terjaga.

5. Angkat Beban/Latihan Beban

Olahraga latihan beban bisa dilakukan selama berpuasa. Pilih beban yang tidak terlalu berat. Lakukan angkat beban secara perlahan agar otot tidak kram. Kamu bisa melakukannya di rumah ketika sore menjelang buka puasa.

Jangan lupa tetap hidrasikan tubuh secara optimal ketika sahur dan berbuka dengan asupan yang sehat dan tepat. Cheers Alkaline Water dengan pH up to 8,5 membantu meningkatkan metabolisme dan menyeimbangkan pH tubuh sehingga tubuh lebih bugar untuk berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya