SOLOPOS.COM - Ilustrasi berdoa. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Dalam menjalani kehidupan terkadang muncul masalah seperti rugi dalam berjualan atau berdagang. Sebagai seorang muslim, sebaiknya memanjatkan doa kepada Allah baik suka maupun duka seperti saat mengalami kerugian dalam berdagang.

Penjualan yang mengalami kerugian lazim dialami seorang pedagang. Sejumlah faktor seperti lokasi atau persaingan harga membuat penjual mengalami kerugian. Hal itu juga dapat dijadikan evaluasi untuk melakukan penjualan selanjutnya.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Bagi penjual yang mengalami kerugian rugi hendaknya tidak menyesal dan pesimistis. Pedagang harusnya tetap optimistis berjualan dan meminta kemudahan kepada Allah SWT.

Baca Juga: Bacaan Doa saat Hadapi Cuaca buruk

Berikut doa saat mengalami kerugiaan dalam berdagang seperti yang dihimpun dari laman Nahdlatul Ulama (NU), nu.or.id, Selasa (15/2/2022):

“Asaa rabbuna an yubdilanaa khayran minhaa, innaa ilaa rabbinaa raaghibuuna.” (Surat Al-Qalam ayat 32).

Artinya: Semoga Tuhan memberikan ganti untuk kami dengan yang lebih baik dari yang ini. Sunnguh kami mengharapkan [ampunan] kepada Tuhan kami.’ (Karya Imam Al-Ghazali, Kitab Ihya Ulumiddin, [Beirut, Darul Fikr: 2018 M/1439-1440 H], juz I, halaman 408).

Sayyid Muhammad Az-Zabidi dalam Kitab Ithafus Sadatil Muttaqin (Syarah Ihya Ulumiddin) mengungkapkan, doa ini disebutkan oleh penulis Kitab Qutul Qulub Syekh Abu Thalib Al-Makki. (Az-Zabidi, Ithaf, [Beirut, Muassasatut Tarikh Al-Arabi: 1994 M/1414 H], juz V, halaman 103)

Baca Juga: Ini Doa saat Bertemu Musuh Agar Dijauhkan dari Petaka

Doa di atas memberi isyarat kepada pedagang supaya tidak putus asa dan pesimis saat mengalami kerugian dalam berdagang. Semoga usaha Anda dalam berdagang dapat berjalan lancar dan mendapatkan keuntungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya