SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga lansia melakukan olahraga. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Menjalani ibadah puasa Ramadan bagi manusia lanjut usia atau manula bisa jadi tantangan tersendiri, karena itu ketahui tips supaya bisa tetap fit dan segar selama berpuasa. Itulah sebabnya Anda perlu melakukan berbagai persiapan agar bisa menjalani puasa dengan maksimal serta agar badan selalu fit dan sehat.

Salah satu persiapan yang perlu dilakukan yaitu dengan berkonsultasi dengan dokter gizi atau ahli kesehatan untuk menentukan apakah Anda masih dapat berpuasa di bulan Ramadan atau tidak. Setelah dokter membolehkan berpuasa, simak ulasan tips puasa Ramadan kali ini agar tubuh tetap fit dan segar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Berikut ini tips berpuasa bagi manula agar badan selalu fit dan segar selama Ramadan seperti dikutip dari entrasol.com pada Jumat (8/4/2022):

1. Minum yang Cukup Agar Terhidrasi dengan Baik

Tips agar badan selalu fit dan segar saat menjalani ibadah puasa bagi manula yang pertama yaitu pastikan minum air dengan cukup. Anda sebaiknya minum cairan yang cukup saat berbuka hingga sahur. Namun hindari berlebihan mengonsumsi cairan dan minum terlalu banyak pada satu waktu.

Baca Juga: Catat! Ini Tips Agar Tetap Segar dan Bugar Saat Puasa

2. Hindari Makan Berlebihan dan Cepat saat Berbuka Puasa Maupun Sahur

Berpuasa selama lebih dari 17 jam pasti membuat siapa pun merasa lapar. Namun, bukan berarti jika saat berbuka Anda boleh makan secara berlebihan dan terlalu cepat. Makanlah secara perlahan, secukupnya, dan pastikan makan yang bergizi.

Saat berbuka atau sebelum shalat maghrib sebaiknya mengonsumsi makanan ringan dahulu seperti kurma atau pisang. Kurma dan pisang sendiri kaya akan kandungan kalium, kalsium, dan magnesium yang baik untuk tulang dan tekanan darah. Kemudian dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan berat setelah menunaikan shalat maghrib.

Begitu pula saat sahur. Pastikan Anda tidak sahur mendekati waktu imsak ya agar makan tidak terburu-buru dan nutrisi yang masuk ke tubuh cukup. Tips untuk makan sahur yaitu jangan terlalu banyak minum teh dan kopi. Pasalnya baik kopi dan teh sama-sama bersifat diuretik alias akan membuat Anda jadi lebih banyak buang air kecil dan kehilangan cairan. Hindari juga terlalu banyak konsumsi gula karena makanan jadi lebih cepat dicerna. Akibatnya Anda jadi mudah lapar di siang hari.

Baca Juga: Bolehkah Menghangatkan Makanan untuk Sahur? Ini Penjelasannya

Makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur yaitu yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat kompleks seperti roti gandum atau nasi merah. Selain itu, perlu juga mengonsumsi makanan yang mengandung mineral, protein, vitamin seperti daging, sayur, dan buah. Jika tidak ada daging bisa diganti dengan tahu dan tempe.

3. Atur Pola Tidur saat Bulan Puasa

Tips agar badan tetap fit dan segar selama berpuasa bagi manula adalah atur pola tidur. Bukan hanya jam makan saja yang berubah, ketika bulan puasa jam tidur juga perlu diatur agar Anda tetap mendapatkan istirahat yang cukup. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu:

– Usahakan tidur lebih cepat dari biasanya. Sebagai contoh bila biasanya Anda tidur setiap pukul 23.00, coba majukan jam tidur satu jam lebih cepat

– Saat berbuka puasa hindari mengonsumsi makanan yang sangat pedas, tinggi gula, dan minyak terlalu banyak agar tidak mengganggu sistem pencernaan di waktu tidur

Baca Juga:  Bolehkah Sahur Hanya dengan Minum Air Putih?

– Tidur selama 20 menit di sela aktivitas yang dijalani. Istilah ini juga dikenal dengan nama power nap. Tujuan dari power nap untuk mengembalikan energi yang sudah terpakai sebelumnya

4. Olahraga Agar Tetap Aktif

Tips berikutnya bagi para manula yang berpuasa sebaiknya tetap melakukan olahraga agar tubuh tetap fit. Tidak bisa dipungkiri jika puasa melelahkan secara fisik. Namun agar badan selalu fit dan segar perlu didukung dengan olahraga yang rutin. Olahraga saat berpuasa bisa dilakukan malam hari setelah berbuka atau Salat Tarawih.  Olahraga yang bisa dipilih juga tidak perlu yang berat, Anda bisa berjalan kaki di sekitar rumah atau melakukan gerakan peregangan.

5. Periksa Kadar Gula Darah

Saat sedang berpuasa, gula darah bisa naik, turun, atau stabil. Gula darah sendiri diambil dari glikogen hati dan makanan yang dikonsumsi ketika sahur. Jumlahnya bisa berubah karena bergantung pada seberapa banyak Anda mengonsumsi makanan, olahraga dan aktivitas fisik yang dilakukan, serta perubahan berat badan.

Baca Juga: Ini Deretan Menu Penyelamat Saat Terlambat Bangun Sahur

Maka dari itu, saat puasa maupun setelah sahur atau berbuka Anda perlu memeriksa gula darah secara rutin agar tetap terkontrol. Pengecekan gula darah saat ini bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan alat khusus yaitu glukometer yang bisa dibeli di pasaran.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya