SOLOPOS.COM - Ilustrasi asuh anak (Dailymail.co.uk)

Tips asuh anak memberikan Anda cara yang benar mengatasi anak yang rewel.

Solopos.com, SOLO – Mengasuh anak bukanlah perkara mudah. Orang tua cenderung melakukan cara yang salah untuk menenangkan anak yang rewel.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Dilansir Dailymail.co.uk, Kamis (6/8/2015), mengajak sang buah hati untuk berpikir mengenai perilaku nakal adalah hal yang salah dan mungkin jarang terlintas dalam pikiran orang tua. Padahal menurut penelitian yang dilakukan oleh tim Dailymail, cara seperti menghukum atau memarahi anak adalah cara yang salah.

Peneliti mensurvei 102 orang tua tentang bagaimana mereka mengatasi anak yang rewel. Survei menunjukkan cara paling efektif untuk mengatasi anak yang suka membantah adalah dengan memberikan pengertian kepada sang buah hati. Cara seperti menghukum mereka dengan mengunci di kamar sangat tidak dianjurkan.

Saat anak melakukan tindakan yang kurang baik seperi memukul, bertengkar atau berebut mainan dengan temannya, orang tua disarankan untuk mengambil tindakan time-out. Tindakan time-out adalah memisahkan anak dari sumber masalah dan meletakkan sang buah hati di tempat hukuman. Time-out hanya digunakan jika perilaku anak mulai tidak bisa ditoleransi.

Untuk orang tua yang sering mengancam anak agar tidak melakukan hal buruk sebaiknya juga segera menghentikan hal tersebut. Penelitian menunjukkan memberi ancaman pada anak hanya akan memperburuk perilaku anak ke depannya. Tindakan mengancam seperti, “berhenti menangis, nanti mama cubit,” adalah cara yang salah.

Seorang penulis dari National University, Amerika Serikat, Ennio Cipani menjelaskan konsitensi sangat dibutuhkan  untuk mendidik anak berperilaku baik. “Cara-cara tersebut harus dilakukan terus menerus sampai si anak terbiasa untuk tidak rewel,” kata Cipani. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya