SOLOPOS.COM - Ilustrasi putus hubungan cinta (Magforwomen.com)

Tips cinta memberikan pengetahuan mencegah kesalahan komunikasi dalam sebuah hubungan .

Solopos.com, SOLO – Pepatah  dari Negeri Tirai Bambu menyebut datangnya masalah berasal dari mulut. Pepatah tersebut sepertinya cocok digunakan untuk menggambarkan hubungan sosial manusia, tertutama masalah cinta.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Dikutip Solopos.com, Selasa (11/8/2015), dari laman Psychologytoday.com, hubungan cinta kerap mengalami keretakan karena kesalahan dalam berkomunikasi. Banyak penelitian yang menyebutkan komunikasi yang buruk dapat mengakibatkan keretakan hubungan cinta atau bahkan perceraian.

Berikut kesalahan komunikasi yang sering dilakukan:

Menggunakan kata “kau” sebagai perintah
Kalimat perintah dalam komunikasi dengan pasangan haruslah bersifat sopan dengan memperhatikan perasaan pasangan. Kalimat seperti, kau ini … , kau harus … , sebaiknya kau … , kau butuh …, hanya akan menimbulkan rasa kesal dan kesan negatif pada pasangan yang diajak bicara.

Pernyataan Menyeluruh  dan Memukul Rata
Pernyataan menyeluruh  dengan memukul rata seperti kata selalu, tidak pernah, lagi-lagi, setiap waktu, dan semuanya merupakan kata-kata yang buruk untuk digunakan dalam komunikasi dengan pasangan. Sebagai contoh, Anda mengucapkan kalimat, “kau selalu seperti itu,” pada pasangan. Hal ini memberikan kesan bahwa pasangan Anda selalu melakukan kegiatan negatif yang sama.

Keras kepada Orang, Lunak pada Masalah
Komunikasi yang efektif selalu melibatkan perasaan orang lain, jika Anda keras pada rekan bicara Anda maka masalahnya tidak akan selesai. Cobalah untuk melakukan sebaliknya, yakni lunak pada rekan bicara dan keras pada sumber masalahnya.

Mengalihkan Perasaan
Perasaan akan teralih jika Anda terbawa suasana saat berkomunikasi. Saat seseorang mulai terbawa emosi makan dia akan mengalihkan topik pembicaraan dan mulai mencari-cari kesalahan rekan bicara. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya