SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Banyak orang saat makan apel, kulitnya selalu dikupas terlebih dahulu. Kebiasaan itu mungkin bisa diubah mulai kini. Pasalnya, kulit apel juga baik untuk kesehatan.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Pada kulit apel terkandung antioksidan yang mampu mengurangi kadar gula darah, lemak, dan kolesterol dalam tubuh.

“Jadi tidak mengherankan kalau kulit apel seringkali dijadikan sebagai bahan pengobatan otot dan gangguan metabolisme seperti diabetes,” kata ahi nutrisi di Jogja, Andi Hartono, Senin (2/7). Makanya, banyak penderita diabetes memilih diet apel karena berkhasiat.

Andi menerangkan, membuang kulit apel sama halnya kehilangan zat quercetin yang berpotensi melawan kanker dan penyakit hati. Kulit apel juga memiliki aktivitas antioksidan dan bioaktivitas yang lebih tinggi dari pada buah apel. “Kulitnya mengandung antisoksidan yaitu quercetin. Vitamin C yang terdapat pada daging apel hanya mempunyai aktivitas antioksidan satu, sedangkan quercetin mempunyai aktivitas antioksidan hingga 4,7 kali,” katanya.

Adapun manfaat dalam menyeimbangkan gula darah bisa terjadi karena kulit apel mengandung karoten. Karoten itu memiliki aktivitas sebagai vitamin A dan juga antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab berbagai penyakit termasuk diabetes melitus atau gula darah.

Selain karoten, kulit pada kulit apel terdapat pektin yang mampu menyerap kelebihan air dalam usus, memperlunak feses, serta mengikat dan menghilangkan racun dari usus. “Jadi, konsumsi apel secara teratur juga dapat menjaga keseimbangan gula darah serta menurunkan tekanan kolesterol darah,” lanjut Andi.

Kandungan pektin juga dikenal sebagai antikolesterol karena dapat mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir metabolisme kolesterol. Makin banyak asam empedu yang berikatan dengan pektin dan terbuang ke luar tubuh, makin banyak kolesterol yang mengalami metabolisme sempurna.

Hanya, mengonsumsi kulit apel perlu berhati-hati. Soalnya, beberapa apel impor biasanya dilapisi lilin dengan tujuan menghambat laju proses pembusukan. Untuk menghilangkan lapisan lilin tersebut, disarankan mencelupkan apel ke dalam air hangat agar lapisan lilin mencair kemudian gosok hingga bersih dan kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya