SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita kala dilanda kepanikan (Magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Panik merupakan sikap terlalu gelisah yang biasanya dipicu oleh sejibun beban pikiran. Terlalu berlebihan memikirkan suatu masalah dapat menganggu kesehatan yang justru berakibat fatal. Panik berlebih dapat mengakibatkan mual, kaki dingin, dan jantung berdetak cepat.

Tidak dapat dipungkiri stres atau kepanikan seringkali tak dapat terelakkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu penting bagi seseorang mengambil langkah tepat untuk tetap tenang dalam situsasi tersebut.

Promosi Harga Saham Masih Undervalued, BRI Lakukan Buyback

Laman anekan berita terkait wanita Magforwomen, Selasa (11/3/2014), melansir beberapa cara yang dapat Anda tempuh untuk tetap hidup dengan sehat kala potensi panik melanda.

Tarik Nafas Panjang
Jika Anda tengah mengalami kepanikan, tariklah napas panjang. Pengalaman banyak orang menyebutkan jurus itu terbukti membantu menenangkan diri karena adanya oksigen ekstra yang melewati otak Anda.
Dalam beberapa menit setela menghela napas panjang, Anda akan merasa otot dan saraf mulai mengendur dan terasa lebih santai. Situasi ini akan membawa Anda kembali ke pemikiran rasional Anda.

Alihkan Perhatian
Saat panik melanda, cobalah untuk mengalihkan perhatian Anda. Berbagai cara dapat Anda tempuh untuk mengalihkan perhatian itu, seperti menyanyikan lagu favorit, membayangkan tentang kebahagiaan, atau cerita lucu dari masa lalu. Cara ini akan membantu Anda sedikit lebih rileks.

Mencari Udara Segar
Berjalan-jalan di lokasi terdekat seperti teras atau taman dapat membantu Anda mengurangi stres. Mengagumi ciptaan Tuhan seperti burung, pohon, dan bunga menjadi sumber mencari ketenangan jiwa.

Membagi kepada Orang Lain
Membagi masalah dengan orang lain akan membuat Anda terasa lebih rileks. Orang lain setidaknya akan memberikan umpan balik setelah Anda mecurahkan isi hati (curhat) dengan mereka. Terlepas dari apakah orang itu mampu memberikan saran atas solusi yang baik ataupun tidak, Anda pasti akan merasa lebih baik setelah masalah Anda didengar orang lain.

Mandi
Cara lain yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi kepanikan adalah mandi. Gunakan shower untuk membilas tubuh Anda, tutup mata Anda, dan rasakan air yang membasahi tubuh. Cara ini dapat membersihkan Anda dari kotoran di luar dan pastinya juga akan melunturkan dari rasa cemas Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya