SOLOPOS.COM - Ilustrasi hubungan cinta (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA—Cemburu sering menjadi bumbu dalam hubungan cinta Anda. Cemburu adalah salah satu perasaan yang biasa muncul dalam sebuah hubungan. Sebagaimana ditulis Womensday, selain perasaan sayang, cinta, dan rindu, cemburu merupakan perasaan yang paling sering muncul diantara perempuan dan pria yang berhubungan.

Cemburu bisa jadi hal positif dalam hubungan. Namun cemburu yang berlebihan justru bisa jadi bumerang dan menghancurkan hubungan tersebut. Jadi wajar jika Anda cemburu, namun berhati-hatilah dalam mengendalikannya.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Berikut, beberapa manfaat dari rasa cemburu dalam hubungan seperti dilansir womansday.com:

1. Pengingat

Cemburu dapat mengingatkan Anda betapa pentingnya pasangan Anda untuk hidup Anda, dan pentingnya hubungan tersebut bagi Anda. Elizabeth Lombardo, PhD, psikolog mengatakan kadang-kadang kita perlu dorongan untuk mengingat apa yang paling penting.

Jadi gunakan perasaan cemburu itu sebagai isyarat dengan jelas sebagai tanda penghargaan untuk pasangan Anda.

2. Perbaikan Komunikasi

Kecemburuan dapat membantu memperkuat hubungan Anda, karena pada saat itu Anda berdua membahas sesuatu bersama. Kuncinya adalah komunikasi yang sehat bukannya memendam cemburu Anda dan membiarkannya mendidih dan bersikap agresif dalam menghadapinya.

3. Tanda Sayang

Merasa cemburu pada pasangan menunjukkan Anda masih sayang dan peduli padanya. Fakta bahwa ada seseorang yang tertarik pada pasangan Anda baik secara fisik ataupun kepribadiannya, telah mengusik hati Anda untuk mempertahankan pasangan Anda dan menjaga hubungan Anda lebih baik lagi.

4. Perbaikan Diri

Kecemburuan bisa menunjukkan juga jika Anda tidak yakin dan tidak puas dengan diri Anda sendiri sehingga khawatir pasangan Anda tertarik dengan orang lain. Dengan perasaan cemburu itu, maka Anda akan berusaha memperbaiki diri Anda baik dari penampilan, maupun sikap pada pasangan yang membuatnya tidak akan berpaling pada orang lain.

5. Memperbaiki Hubungan

Kadangkala kita lupa harus mempertahankan hubungan dengan cara tetap menghangatkannya setiap saat. Umumnya orang lebih perhatian pada pasangan pada saat pendekatan dan merasa aman setelah orang itu menjadi milik kita. Padahal, jika tidak dibina, maka hubungan tersebut bisa merenggang dan bahkan pisah tanpa kita sadari penyebabnya.

6. Kewaspadaan

Rasa cemburu membuat kita tetap waspada jika Anda kemungkinan pasangan Anda akan berselingkuh dengan orang lain.

7. Perhatian Meningkat

Karena rasa cemburu, pastinya kita akan lebih memperhatikan pasangan dan berusaha memenuhi apa kebutuhannya. Dengan demikian, dia juga merasa diperhatikan dan merasa berarti buat hidup Anda. Dengan begitu, kehidupan hubungan Anda dijamin akan membaik dan  makin mesra.

8. Ungkapan Perasaan

Dengan rasa cemburu yang Anda rasakan, tentunya Anda berharap pasangan Anda meyakinkan Anda bahwa tidak ada hal yang harus dicemburui, karena hubungan kalian baik-baik saja. Dengan begitu, Anda mengetahui perasaan pasangan dan merasa yakin hubungan masih baik dan sesuai dengan tracknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya