SOLOPOS.COM - Ilustrasi wawancara kerja (Magforwomen.com)

Solopos.com, SOLO – Mencari pekerjaan saat ini memang tergolong sulit, mengingat semakin banyaknya pencari kerja yang tak dibarengi dengan peningkatan lapangan kerja menjadi penyebab utamanya. Semakin banyak pencari kerja semakin banyak pula persaingan yang harus Anda tempuh untuk mendapatkan pekerjaan.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat dihadapkan wawancara kerja agar memberikan kesan yang baik seperti dikutip Magforwomen, Senin (10/2/2014).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pengetahuan Baik Tentang Perusahaan
Penting bagi Anda untuk mengetahui profil maupun produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang hendak Anda tuju. Jadi sebaiknya Anda membaca tentang sejarah perusahaan dan menjelaskannya dengan santai saat sesi wawancara Anda. Berikan saran usaha Anda untuk keberhasilan perusahaan. Percayalah hal ini pasti akan membuat pewawancara terkesan dengan Anda.

Jangan Terlihat Tegang
Wajar memang ketika wawancara Anda merasa tegang, tapi jangan tampakkan hal itu di hadapan pewawancara. Bersikaplah tenang dan lincah saat pewawancara mulai memberikan pertanyaan kepada Anda. Hal ini akan memberi kesan Anda sebagai seorang yang selalu tenang dalam menghadapi segala situasi dan kondisi.

Tunjukkan Anda Fleksibel
Perusahaan pasti tak ingin merekrut karyawan yang sulit mengatur jadwal aktivitasnya. Tunjukkan kepada para pewawancara bahwa Anda selalu siap dan dapat menyesuaikan jadwal yang diberikan oleh mereka dan menerima segala tantangan dari perusahaan.

Alasan Memilih Pekerjaan
Selalu berikan jawaban yang tepat ketika ditanyai tentang alasan Anda memilih pekerjaan di perusahaan tersebut. Tunjukkan bahwa Anda memang berminat dan senang dengan pekerjaan yang Anda pilih. Walaupun tidak ditanya, berusahalah untuk tetap memberikan alasan Anda di saat akhir wawancara.

Selalu Menjaga Kata-Kata
Jagalah selalu perkataan Anda, satu kata saja Anda melakukan kesalahan bisa berakibat fatal. Beikan kata-kata yang tegas dan menampakkan keyakinan penuh. Jangan lupa untuk selalu menumbuhkan kebiasaan mengucapkan “tolong” dan “terima kasih” saat Anda berbicara.

Selain memperhatikan hal di atas, tentunya Anda harus meningkatkan skill dan kemampuan Anda terutama pada bidang Anda inginkan. Selamat mencoba…

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya