SOLOPOS.COM - Ilustrasi kosmetik (Boldsky.com)

Tips kecantikan membahas tentang cara memanfaatkan kosmetik yang sudah kedaluwarsa.

Solopos.com, SOLO – Menggunakan kosmetik kedaluwarsa sangat berbahaya bagi kulit. Selain menyebabkan iritasi, memakai kosmetik kedaluwarsa juga dapat memicu kanker. Tak ingin punya masalah kulit, wanita biasanya langsung membuang kosmetik setelah kedaluwarsa.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Tapi tahukah Anda, sebenarnya ada beberapa cara memanfaatkan kosmetik kedaluarsa? Dikutip Solopos.com dari laman Boldsky, Selasa (1/11/2016), berikut beberapa kosmetik yang bisa Anda memanfaatkan meski telah kedaluwarsa:

Parfum
Parfum biasanya memiliki daya tahan 3-4 tahun. Setelah lewat dari masa itu, parfum menyebabkan iritasi jika tetap digunakan. Namun, jangan terburu-buru membuang parfum yang telah kedaluwarsa, Anda bisa memanfaatkan parfum kedaluwarsa sebagai pengharum ruangan.

Bedak
Bedak yang telah kedaluwarsa bisa dimanfaatkan untuk menggosok kerajinan kertas yang Anda miliki. Sebab, bahan kimia yang terkandung di dalamnya membuat kerajinan kertas Anda tampak mengkilap. Di samping itu, Anda juga bisa memakai bedak kedaluwarsa untuk menghaluskan kulit di area lutut.

Lip Balm
Anda bisa mengoleskan lip balm atau pelembap bibir kedaluwarsa di tumit untuk mencegah lecet. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan lip balm pada sepatu bagian dalam guna menghindari gesekan dan membuat kaki terasa nyaman ketika berjalan.

Celak
Jangan terburu-buru membuang celak yang telah mengering ataupun kedaluwarsa. Anda bisa memanfaatkan celak itu untuk melukis atau pun mewarnai gambar.

Maskara
Maskara merupakan tempat berkembang biak bagi bakteri, sebaiknya segera buang maskara yang telah kedaluwarsa. Namun, sikat maskara masih bisa digunakan sebagai sikat alis. Caranya, cucilah sikat maskara dengan sabun pencuci piring dan biarkan hingga mengering. Setelah benar-benar kering, Anda bisa menggunakannya untuk menyikat alis agar terlihat lebih rapi.

Eyeshadow
Anda bisa membuat cat kuku beraneka warna dari eyeshadow kedaluwarsa. Caranya, campurkan bubuk eyeshadow dengan cat kuku warna bening dan terapkan pada kuku. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran dengan membuat sendiri cat kuku sesuai keinginan.

Lipstik
Lipstik kedaluwarsa yang Anda punya bisa dimanfaatkan kembali dengan cara melelehkannya menggunakan lilin. Proses pelelehan ini bertujuan membunuh bakteri yang terkandung di dalamnya. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya