SOLOPOS.COM - Ilustrasi kambing etawa super (bandungkambingetawa.wordpress.com)

Solopos.com, JAKARTA – Kemaluan kambing jantan atau sering diberi istilah torpedo kambing sering jadi incaran kaum adam saat perayaan kurban tiba. Bagian ini dipercaya dapat meningkatkan libido pria. Benarkah?

Testis kambing memang mengandung banyak kandungan testosterone atau hormone seksual laki-laki. Namun di mata praktisi kesehatan, tidak serta merta bisa disimpulkan bahwa torpedo bisa menjadi pendongkrak libido.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Memang testis kambing banyak mengandung testosteron yang dapat meningkatkan gairah seksual. Tetap sebenarnya peningkatan gairah seksual terjadi karena multifaktor dan tidak semata-mata berhubungan dengan makanan,” demikian kata Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD, konsultan kesehatan saluran cerna RS Cipto Mangunkusumo seperti dikutip Solopos.com dari Detik, Minggu (5/10/2014).

Selain mengandung testosteron, torpedo juga diyakini mengandung arginin dan gas nitro oksida (NO). Dalam kaitannya dengan fungsi seksual, keduanya dibutuhkan oleh laki-laki untuk bisa mengalami ereksi. Namun Dr Ari tidak yakin efeknya sehebat yang digembar-gemborkan.

Justru, para pakar kesehatan mengingatkan dampak negatif jika berlebihan mengonsumsi torpedo. Di antaranya dr Phaidon L Toruan, MM, yang mengingatkan risikonya terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah.

“Di dalam tubuh, testosteron juga akan dipecah jadi kolesterol. Kalau berlebihan, efeknya malah bisa menyumbat pembuluh darah. Maunya bergairah, salah-salah justru sakit jantung nantinya,” ungkap dr Phaidon.

Selain soal torpedo, masyarakat juga sering percaya makan daging kambing saat tensi rendah bisa cepat menaikkan tensi. Padahal, tekanan darah rendah bisa disebabkan berbagai hal. Itu bisa karena pendarahan, kurang minum sampai dehidrasi karena berbagai penyebab, kelelahan, atau kurang tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya