SOLOPOS.COM - Ilustrasi mata kedutan (Livestrong.com)

Tips kesehatan untuk mata kedutan ada di sini.

Solopos.com, SOLO — Mata kedutan tidak digolongkan sebagai penyakit yang serius. Namun, bagi yang terlalu sering mengalaminya, keadaan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Masalah yang lebih parah muncul, jika seseorang mengalami kedutan hingga pelemahan fungsi penglihatan.

Promosi Gerak Cepat BRI Peduli Salurkan Bantuan bagi Warga Terdampak Banjir di Sumbar

Dikutip Solopos.com dari laman Times of India, Kamis (3/3/2016), penyebab mata berkedut sebenarnya belum ditemukan. Namun, ada anggapan mata yang kerap berkedut karena beberapa faktor, yaitu pengaruh kafein, alkohol hingga rokok, lalu mata lelah karena terlalu sering menatap layar komputer dan gadget, kejang otot mata, kurang tidur dan kelelahan, alergi, stres hingga asupan nutrisi yang tidak seimbang.

Mata kedutan merupakan tanda dari beberapa penyakit tertentu. Namun, karena tidak terasa sakit, banyak penderitanya tidak menyadari tanda-tanda ini. Dystonia, Tourette Syndrome, Multiple Sclerosis dan Bell’s Palsy merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala mata berkedut.

Untuk mengatasi gejala ini, terdapat beberapa cara yang disesuaikan dengan penyebab penyakit tersebut.

Cara sederhana merawat mata berkedut adalah dengan mengistirahatkan mata selama beberapa waktu. Biasanya, hal ini dikarenakan stres yang menyerang seseorang. Untuk itu, seseorang yang mengalami mata berkedut hendaknya beristirahat dan makan makanan sehat untuk menurunkan tingkat stres.

Sementara itu, mata berkedut yang disebabkan oleh mata kering dapat diatasi dengan memberikan tetes mata. (Dhika Intan N.A./JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya