SOLOPOS.COM - Ilustrasi (freemagz.com)

Tips keuangan kali ini mengulas cara mengatur keuangan di tengah tingginya gaya konsumtif masyarakat.

Solopos.com, JAKARTA — Sebagai profesional muda, Anda harus tetap mengatur keuangan dengan baik. Jika tidak hati-hati, gaji besar Anda sebagai profesional muda akan raib begitu saja.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Mengingat kebutuhan hidup semakin meningkat dari waktu ke waktu di tengah pola hidup publik yang konsumtif, manajemen keuangan menjadi hal penting untuk tiap orang.

Baik bergaji sedikit atau banyak, Anda perlu memprioritaskan kebutuhan utama (primer) terlebih dahulu, ketimbang kebutuhan lain yang bersifat sementara (sekunder).

Jika menyepelekan pengelolaan keuangan, apalagi kondisi keuangan Anda pas-pasan, bukan tidak mungkin Anda akan terjerat utang. Bagi yang masih single mungkin beban ditanggung sendiri, namun yang sudah berkeluarga tentunya akan membebani anggota lain dalam keluarga.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan langkah cerdas dalam mengatur keuangan sedari muda, demi meraih sukses di masa sekarang dan masa depan. Langkah seperti apa yang perlu dilakukan? Berikut tahapan mengatur keuangan, sebagaimana dilansir Liputan6, Kamis (3/12/2015);

1. Tetapkan Tujuan Keuangan
Untuk apa uang Anda? Untuk apa tabungan Anda? Anda harus memiliki jawaban atas dua pertanyaan dasar tersebut. Dengan memiliki tujuan yang jelas tentunya akan memudahkan Anda dalam mengatur keuangan. Anda akan termotivasi untuk melakukan pengaturan keuangan yang tepat demi meraih tujuan dan impian Anda.

2. Catat Pengeluaran
Kebanyakan orang menghabiskan dua per tiga dari pendapatan mereka pada tiga hal penting, yakni: makanan, biaya rumah tangga, dan transportasi. Adapula tabungan, pembayaran utang, dan kebutuhan opsional seperti hiburan dan jalan-jalan. Mulailah dengan mencatat pengeluaran sesuai pembagian pos masing-masing.

3. Perbandingkan Harga Barang
Kini, banyak toko yang menjual barang yang sama dengan kualitas yang juga sama namun dengan harga yang berbeda. Nah, Anda tinggal rajin membuka website toko online maupun mencari promo-promo yang menarik.

Selisih harga seribu saja memiliki pengaruh yang besar. Hal ini dapat membuat Anda menjadi setia dengan satu toko dan memudahkan pembelian barang di kemudian hari.

4. Manajemen Utang
Untuk memiliki rumah atau kendaraan bermotor membutuhkan dana yang tidak sedikit, begitupun dengan barang-barang kebutuhan lainnya. Maka, salah satu solusinya adalah dengan mengajukan pinjaman dana atau kredit pada bank maupun perusahaan keuangan.

Setelah mendapat pinjaman, kewajiban Anda selanjutnya adalah membayar cicilan. Bagi, Anda yang punya kartu kredit pun jangan lupa untuk benar-benar mengatur pengeluaran dan pembayarannya. Gunakan dana pinjaman dengan bijak dan hati-hati terhadap dampak buruknya.

5. Negosiasikan Gaji Kembali
Penghasilan bulanan Anda tidak cukup memenuhi kebutuhan pribadi maupun rumah tangga? Sudah saatnya Anda mencari pendapatan lain.

Anda termasuk orang yang berkontribusi terhadap perusahaan dan memiliki prestasi yang lebih baik? Menegosiasikan gaji bisa menjadi langkah yang cerdas membuat keuangan Anda menjadi lebih surplus. Duduk bersama atasan dan komunikasikan dengan baik besar gaji yang layak Anda terima, sesuai dengan kinerja yang Anda tunjukkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya