SOLOPOS.COM - Rutin melakukan olahraga merupakan contoh kebiasaan kecil. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Tanpa disadari sejumlah kebiasaan kecil sebetulnya bisa mendatangkan manfaat besar asalkan dilakukan secara konsisten.  Namun menjaga konsistensi bukanlah hal mudah. Bagi kamu yang ingin mendapatkan tubuh sehat, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sebagai makhluk sosial, tiap orang pasti memiliki berbagai kebiasaan, dari kebiasaan besar hingga kebiasaan kecil. Semua kebiasaan akan memberikan sebuah dampak bagi kehidupan. Kebiasaan kecil mungkin tidak disadari oleh sebagian kecil karena cenderung disepelekan.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Kebiasaan-kebiasaan kecil padahal juga memiliki peran dalam membentuk kehidupan dan karakter diri. Ini meliputi menyikat gigi saat bangun tidur pagi hari, menyisir rambut sebelum tidur, atau lainnya. Sementara itu, kebiasaan besar biasanya sering menyita perhatian seseorang.

Kebiasaan kecil bisa menjadi mendatangkan manfaat besar karena memiliki kekuatan yang signifikan. Sebuah kebiasaan bertambah dari waktu ke waktu dan dapat memengaruhi aspek kehidupan, seperti kesehatan, produktivitas, dan kebahagiaan.

Dilansir dari New Trader U dan dikutip dari Bisnis.com pada Minggu (25/6/2023), menurut penelitian ilmu saraf, kebiasaan terbentuk melalui siklus yang dikenal sebagai lingkaran kebiasaan yang terdiri dari tiga tahap, yakni isyarat, rutinitas, dan imbalan. Ketiga tahap ini memiliki perannya masing-masing
Tahap isyarat memicu otak untuk memulai suatu perilaku.

Lalu, rutinitas merupakan perilaku itu sendiri. Tahapan terakhir Anda akan mendapatkan sebuah penghargaan atau imbalan yang merupakan dampak dari tindakan tersebut. Tiga tahapan ini mendorong otak untuk mengingat pola tersebut untuk digunakan terus menerus. Kebiasaan besar membutuhkan upaya, komitmen, dan keinginan yang signifikan. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan pada diri. Sementara itu, kebiasaan kecil memiliki beberapa keuntungan karena lebih mudah untuk memulai dan membutuhkan lebih sedikit kemauan. Kebiasaan kecil bisa dikatakan merupakan sebuah batu loncatan menuju tujuan yang lebih besar tanpa kelelahan.

Setiap tindakan kecil yang diulang secara konsisten dapat memunculkan atau menambah perubahan besar. Contohnya, ketika memiliki kebiasaan membaca satu buku per hari mungkin Anda merasa itu adalah jumlah yang sedikit. Namun, Anda akan menyadari banyaknya bahkan manfaatnya setelah setahun karena total buku yang dibaca sama dengan jumlah hari per tahunnya. Tidak hanya itu, contoh lainnya adalah kebiasaan olahraga pagi yang dilakukan untuk peregangan. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten Anda mungkin akan mendapatkan tubuh yang bugar serta imunitas yang kuat.

Melakukan kebiasaan kecil adalah hal yang mudah, tetapi terkadang mempertahankannya adalah hal yang cukup sulit. Anda perlu mencari cara untuk memulai dan mempertahankannya dengan proses yang mudah.

Berikut ini strategi untuk melakukan kebiasaan kecil agar mendatangkan manfaat besar secara konsisten:

1. Mulai dari yang kecil

Pilih kebiasaan yang sangat mudah sehingga tidak ada respons penolakan yang muncul.

2. Tingkatkan secara bertahap

Setelah kebiasaan tersebut sudah dilakukan secara otomatis oleh tubuh, Anda bisa meningkatkan intensitasnya secara bertahap.

3. Kaitkan kebiasaan baru dengan kebiasaan lama

Tips berikutnya agar konsisten melakukan kebiasaan kecil dengan manfaat besar yaitu hubungkan kebiasaan baru Anda dengan rutinitas yang sudah ada. Hal ini juga dikenal sebagai penumpukkan kebiasaan.

4. Self reward

Beri diri sendiri hadiah kecil setelah menyelesaikan kebiasaan untuk meningkatkan rutinitasnya juga merupakan cara menjaga konsistensi kebiasaan kecil agar mendapat manfaat besar. Pembentukan kebiasaan adalah sebuah perjalanan yang memiliki banyak tantangan, seperti kurangnya motivasi, lupa, dan merasa kewalahan. Untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut, Anda bisa memulai kebiasaan dengan minat, menggunakan aplikasi pengingat, atau menurunkan level kebiasaan yang dilakukan.

Berikut adalah beberapa kebiasaan kecil yang bisa mendatangkan manfaat besar dan menjadi investasi di masa depan menurut Hive:

– Menambahkan sayuran dan serat dalam pola makan Anda karena itu bermanfaat untuk jangka panjang

– Membuat daftar hal-hal yang akan dilakukan seharian karena itu membuat Anda lebih terorganisir

– Minum air putih saat bangun tidur agar tidak dehidrasi

– Bangun pagi dan berolahraga kecil bisa meningkatkan daya tahan tubuh

– Mengurangi alkohol dan kafein di malam hari dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak

– Membaca satu buku atau artikel per harinya karena dapat meningkatkan kualitas dan ilmu pengetahuan Anda.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Kebiasaan Kecil Memiliki Kekuatan dan Keuntungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya