SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasangan suami istri. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketahui sejumlah tips menahan hasrat seksual selama berpuasa agar ibadah bisa berjalan dengan maksimal. Agar puasa berjalan lancar, simak ulasannya di tips puasa Ramadan kali ini.

Bukan hanya haus dan lapar, terkadang hasrat seksual juga muncul saat berpuasa. Bukan hanya pasangan suami istri yang meningkat keinginan untuk berhubungan intim, mereka yang masih single pun bisa saja mengalami peningkatan gairah seksual.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Melansir laman Universitas Gadjah Mada, Pakar filsafat Jawa, Prof Dr Damardjati Supadjar, mengungkapkan bahwa gairah seksual seseorang akan cenderung meningkat saat berpuasa di Bulan Ramadan. Hal itu disebabkan sel-sel darah di dalam tubuh tidak mendapat banyak nutrisi, sehingga lebih banyak darah yang mengalir ke area genital.

“Bila darah tidak mencerna makanan, darah menjadi lepas tugas dan mengalir ke daerah otonom,” ungkap Guru Besar Filsafat UGM itu.

Berikut ini sejumlah tips menahan hasrat seksual selama puasa seperti dikutip dari halodoc.com pada Sabtu (8/4/2023):

1. Alihkan Energi dengan Melakukan Aktivitas Lain

Tips menahan hasrat seksual saat puasa yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengalihkan energi ke aktivitas lain yang bermanfaat. Misalnya, melakukan olahraga ringan, mencoba masakan baru untuk berbuka puasa, belajar alat musik, atau melakukan yoga.

2. Alihkan Pikiran yang Menggoda

Hasrat seksual bisa muncul ketika kamu tidak sengaja memikirkannya atau sedang membicarakan topik tersebut. Nah, untuk menghilangkan pikiran tersebut, coba alihkan dengan melakukan kegiatan lain yang membutuhkan fokus tinggi. Misalnya seperti membaca Alquran, berdoa atau membaca buku sains.

3. Hindari Kegiatan yang Bisa Menimbulkan Hawa Nafsu

Tips lain untuk menahan hasrat seksual saat puasa adalah dengan menghindari aktivitas yang bisa menimbulkan nafsu. Hindari menonton film yang mengandung adegan seksual atau membaca buku yang berhubungan dengan seks. Jauhi juga benda, latar, atau figur yang berpotensi membangkitkan hasrat seksual kamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya