SOLOPOS.COM - Ilustrasi tulisan diabetes. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Bagi penderita diabetes sebaiknya mengetahui tips yang tepat agar tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa selama Ramadan.  Simak ulasannya di info sehat ini.

Anda harus tahu penting untuk menyeimbangkan kadar gula darah secara cermat saat berpuasa.  Dengan mengelola diabetes secara efektif selama bulan suci ini, individu dapat mencegah komplikasi dan memastikan pengalaman puasa yang aman.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Penderita diabetes harus memprioritaskan kesehatannya dengan mengikuti rencana makan terstruktur, memantau kadar gula darah secara teratur, dan tetap terhidrasi. Mengabaikan penanganan yang tepat dapat menyebabkan fluktuasi kadar glukosa darah, yang dapat berdampak pada tingkat energi dan kesehatan secara keseluruhan.

Dilansir dari Timesofindia, Rabu (27/3/2024), Ketua dan Kepala Ahli Diabetologi Pusat Spesialisasi Diabetes Dr. Mohan dan ahli gizi Umashakthy memberikan beberapa tips sehat puasa dengan diabetes sebagai berikut:

1. Tetap terhidrasi dengan minum banyak air antara buka puasa dan sahur untuk mencegah dehidrasi selama puasa berjam-jam. Pilihlah makanan yang menghidrasi seperti semangka, mentimun, dan sup.

2. Tips berikutnya bagi penderita diabetes saat berbuka puasa, berbuka puasa dengan kurma dan air putih dilanjutkan dengan makanan bergizi. Sertakan sayuran, protein tanpa lemak seperti ayam atau ikan panggang, biji-bijian seperti nasi merah atau quinoa, dan salad dalam makan malam Anda.

3. Hindari makanan yang digoreng dan makanan manis sebisa mungkin untuk menjaga kestabilan kadar gula darah. Hal ini dapat membantu mengatur kadar gula darah dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Hindari makanan manis dan pilihlah pilihan makanan penutup yang lebih sehat seperti salad buah atau yogurt dengan kacang-kacangan untuk memuaskan hasrat manis Anda tanpa menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Gabungkan aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki atau peregangan ke dalam rutinitas harian Anda agar tetap aktif saat berpuasa. Latihan lembut ini dapat membantu meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan sirkulasi. Melakukan olahraga intensitas rendah seperti yoga dapat membantu menjaga fleksibilitas dan mengurangi tingkat stres.

Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan fisik tetapi juga berkontribusi terhadap kejernihan mental dan keseimbangan spiritual selama periode suci ini.

Dengan mengikuti tips tersebut para penderita diabetes dapat menikmati pengalaman puasa yang aman dan nyaman sekaligus mengelola diabetes Anda secara efektif selama bulan suci Ramadan. Mengelola diabetes selama Ramadan memerlukan perencanaan, pemantauan, dan komunikasi yang cermat dengan tim layanan kesehatan Anda.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Tips Puasa Aman dan Sehat untuk Si Penderita Diabetes

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya