SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kegiatan Ekstrakurikuler (Kaskus.co.id)

Tips pendidikan kali ini terkait dengan pentingnya peran kegiatan ekstrakurikuler di luar pelajaran sekolah.

Solopos.com, SOLO – Pendidikan di sekolah tidak hanya terkait dengan pelajaran di dalam kelas, namun juga sejumlah kegiatan ekstrakurikuler yang bermanfaat untuk anak. Kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya yang ada di sekolah, namun juga kegiatan di luar sekolah, seperti les atau berkomunitas.

Promosi Terus Naik, Portofolio Pembiayaan Berkelanjutan BRI Capai Rp787,9 Triliun 2024

Sebagaimana dilansir Magforwomen, Sabtu (10/1/2015), memberikan keleluasaan anak untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler di luar sekolah, tidak hanya akan bermanfaat bagi perkembangan wawasan anak, namun juga menjadi untuk perkembangan kepribadiannya ketika anak dewasa. Tips pendidikan berikut, menguak alasan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler.

– Wawasan Luas

Anak yang diberi keleluasaan dalam kegiatan ekstrakurikuler cenderung memiliki wawasan luas. Hal ini disebabkan tidak hanya ilmu pengetahuan di dalam kelas yang ia pelajari. Anak dapat mengembangkan ilmu dari sekolah ketika melakukan kegiatan ekstrakurikuler. Ini akan membuat anak menjadi orang yang tidak mudah menyerah dalam proses belajar.

– Bentuk Hiburan

Kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi media untuk menghilangkan kepenatan anak selama di kelas. Dalam kegiatan ekstrakurikuler, anak akan bertemu dengan orang lain, sehingga dapat belajar bagaimana menghadapi berbagai karakter, sekaligus menjadi jalan anak untuk dapat menyalurkan pemikiran. Interaksi dengan orang lain akan membuat anak terhibur dan menumbuhkan rasa peduli. Kegiatan ekstrakurikuler akan membantu anak dalam membangun relasi. Memiliki relasi yang baik sangat membantu karier mereka saat dewasa kelak.

– Menguatkan Hubungan

Jangan berpikir, ketika anak banyak melakukan kegiatan di luar rumah, posisi orang tua akan tersisih. Justru sebaliknya, ketika anak diberi keleluasaan untuk melakukan kegiatan di luar, ia akan memiliki pembanding antara kehidupan rumah dan di luar rumah. Secara perlahan, hal ini akan membuat anak menyadari betapa besar perhatian orang tua, sehingga ia akan selalu mengoptimalkan waktu kebersamaan dengan keluarga.

– Menjadi Kreatif

Kegiatan ekstrakurikuler akan menghindarkan anak terjebak pada rutinitas yang membosankan. Kreativitas anak dapat berkembang maksimal, karena  ia terbiasa menghadapi berbagai masalah yang terjadi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Sudut pandang mereka terhadap suatu hal akan cenderung luas.

Itulah sejumlah alasan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler dalam tips pendidikan ini. Namun begitu, baik orang tua atau guru tidak disarankan memaksakan kehendak. Biarkan anak memilih kegiatan ekstrakurikuler yang ia suka, sehingga ia dapat belajar bertanggung jawab terhadap kegiatan sendiri sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya