SOLOPOS.COM - Iustrasi wanita depresi (Huffingtonpost.com)

Tips pergaulan kali ini mengulas enam hal yang tak boleh dikatakan di depan orang depresi.

Solopos.com, SOLO — Saat teman atau kerabat Anda mengalami depresi karena suatu masalah, upayakan untuk tak mengatakan enam hal yang akan dibahas dalam tips pergaulan kali ini, Kamis (24/12/2015).

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Sebagaimana Solopos.com kutip dari Familyshare, Kamis, major depressive disorder adalah kondisi kejiwaan seseorang yang merasa down karena banyak faktor, termasuk ketidakseimbangan emosi yang dikendalikan otak. Ketika seseorang depresi, secara langsung atau tidak langsung akan berdampak negatif pada pekerjaan, kehidupan sosial dengan keluarga dan teman, serta pada kesehatan tubuh.

Orang-orang depresi ini butuh bantuan dari orang lain untuk keluar dari kondisi buruknya tersebut. Simak enam hal yang sebaiknya tidak diucapkan kepada orang depresi agar mereka segera bangkit dari rasa terpuruk.

1. Keluarlah dari Masalah
Depresi adalah masalah kejiwaan yang cukup serius dan tidak mudah ditangani. Ketika ada teman atau kerabat Anda yang tampak depresi, jangan mengatakan kepadanya kata-kata berintonasi memaksa, seperti “Keluarlah dari masalah”. Memang maksud Anda baik dan mengarahkannya untuk bersikap tegas. Tapi, kata-kata tersebut justru membuat orang yang depresi makin tertekan.

2. Tak Seburuk Itu…
Kata-kata “Tak seburuk itu” membuat orang depresi merasa masalahnya tak ditanggapi serius oleh orang lain. Ia semakin merasa dirinya sendiri dan tak akan ada orang yang bisa paham serta peduli dengan masalahnya.

3. Kamu Terlalu Lemah
Tak ada orang yang senang disebut sebagai pribadi lemah. Orang depresi merasa dirinya berusaha keras untuk menahan semua masalahnya sendiri. Ketika ada orang lain mengatakan “Kamu terlalu lemah”, ia akan merasa kesal dan akhirnya membuatnya semakin terpuruk. Lebih buruk lagi, orang depresi ini tidak akan percaya dengan orang lain dan semakin larut dalam kebimbangannya.

4. Berhentilah Menangis
Menangis adalah reaksi alami setiap orang ketika menghadapi sesuatu yang membuatnya sedih. Orang-orang depresi tidak butuh kata-kata perintah “Berhentilah menangis”. Meski diucapkan dengan intonasi biasa, kata-kata tersebut membuat perasaan orang depresi semakin terluka. Menangis adalah haknya. Akan lebih bijaksana jika Anda membiarkan orang depresi menangis sepuasnya sehingga perasaannya bisa lega.

5. Aku Bisa Atasi Masalahmu
Anda tak perlu tampil sebagai pahlawan kesiangan di depan orang depresi. Orang-orang depresi hanya butuh dukungan moril. Ada orang lain yang bersedia menjadi tempatnya berkeluh kesah sudah cukup baginya. Dukung saja rencananya untuk keluar dari satu per satu masalah. Anda tak perlu mengatakan “Aku bisa mengatasi masalahmu”. Yakinkan orang depresi, mereka punya cara terbaik untuk masalahnya.

6. Kamu Akan Baik-Baik Saja
Kata-kata “Kamu akan baik-baik saja” memang wajar dikatakan kepada orang yang sedang menghadapi masalah. Tapi tahukan Anda? Orang-orang depresi tak perlu kata-kata tersebut. Salah-salah, orang yang depresi justru merasa Anda meremehkan masalahnya. Berikan saja pelukan hangat atau genggam tangannya. Dukungan juga bisa disampaikan lewat tatapan penuh perhatian ketika orang-orang depresi menceritakan pelbagai masalahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya