SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak-anak asyik dengan gadget (dailymail.co.uk)

Tips pola asuh mengenalkan anak pada teknologi.

Harianjogja.com, SLEMAN –– Saat ini teknologi dan perkembangannya adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari. Teknologi telah menyentuh semua aspek kehidupan manusia. Anak-anak lebih banyak mengenal dan menikmati teknologi dibandingkan 20 tahun lalu.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Mirzania Bunga Ardini selaku Internal Public Relation Olifant School mengatakan, menyikapi hal tersebut, perlu sikap bijak untuk mengenalkan teknologi kepada anak. Artinya menanamkan pengertian bahwa teknologi dapat membantu proses pembelajaran yang tentu dengan pendampingan dari orangtua hingga anak paham dengan batasan-batasan yang ada.

“Orangtua menjadi sosok penting agar anak dapat menggunakan teknologi dengan tepat terutama internet,” kata Mirzania dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (18/5/2016).

Berangkat dari gaya belajar modern yang memadukan antara active learning dan technology, terciptalah suatu kompetisi yang bernama Olifant Wiki Tricky, yakni sebuah penerapan metode blended learning yang diusung oleh Olifant High School.

Kompetisi Wiki Tricky  menggunakan media sosial dan website. Tahapannya, orangtua mendaftarkan anaknya melalui fanpage Facebook  dan kemudian menjawab pertanyaan yang muncul setiap harinya selama 10 hari berturut-turut. 10 pertanyaan yang dikeluarkan merupakan rangkaian petunjuk dan mengarah pada satu jawaban.

“Pertanyaan yang benar akan disaring, dan proses selanjutnya adalah setiap peserta mengirimkan video presentasi dari proses pencarian jawaban.    Dari proses-proses tersebut maka akan muncul satu pemenang dari masing-masing level  mulai dari upper level, lower level dan teacher level,” jelas Mirzania.

Menurutnya, kerjasama antara orangtua dan anak sangat dirasakan dalam kompetisi ini. Hal ini diyakininya sebagai cara mendampingi anak belajar menggunakan teknologi secara bijak. “Orangtua tidak perlu takut mengenalkan teknologi ke anak daripada melarang anak menggunakan teknologi atau membiarkan mereka mengeksplorasi sendiri,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya