SOLOPOS.COM - Ilustrasi bahagia (Dok/JIBI)

Ilustrasi bahagia (Dok/JIBI)

Siapa saja bisa merasa stres akibat beban pekerjaan yang menumpuk. Namun jangan biarkan pekerjaan merenggut hidup Anda, cobalah untuk menyederhanakan tugas-tugas Anda sebisa mungkin dengan cara berikut ini.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Buat jadwal dan patuhi

Apakah Anda bekerja di rumah atau kantor, tetap susun rencana kerja Anda dan patuhi setiap jadwal tersebut. Jangan lupa sediakan pula waktu Anda untuk istirahat atau waktu lebih panjang untuk mengerjakan tugas yang Anda anggap lebih berat. Jadwal kerja merupakan satu cara agar Anda lebih terorganisir dan tetap fokus pada pekerjaan Anda.

Bereskan semua yang berantakan

Bagaimana Anda mengatur meja kerja juga bisa mempengaruhi produktivitas. Meja yang rapi akan menghindarkan Anda dari gangguan-gangguan yang tidak penting, misalnya sibuk mencari berkas karena tertumpuk entah di mana. Jadi coba luangkan waktu untuk membereskan barang-barang yang berantakan, termasuk bereskan file-file di komputer Anda secara rutin.

Belajar berkata “tidak”

Sekali Anda memberi bantuan pada rekan kerja, sepertinya permintaan pertolongan tidak habis-habisnya. Akhirnya, Anda malah tidak bisa menyelesaikan tugas utama. Karena itu, belajarlah berkata “tidak” terutama ketika Anda sendiri memiliki tenggat waktu yang harus dipenuhi. Anda harus bisa menentukan mana yang jadi prioritas dan mana yang tidak.

Tinggalkan pekerjaan di kantor

Terakhir, untuk lebih menyederhanakan kehidupan pekerjaan adalah dengan meninggalkannya di kantor. Ini artinya, jangan bawa masalah kantor ke rumah atau terus-menerus memikirkan pekerjaan, padahal seharusnya Anda merasa rileks saat di rumah. Coba saja latih pikiran Anda saat di rumah, begitu Anda mulai memikirkan pekerjaan langsung putar pikiran dan cobalah menjauhinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya