SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengunggah foto tiket perjalanan (Theplanetd.com)

Tips traveling kali ini mengulas soal bahaya kebiasaan memposting tiket di sosial media.

Solopos.com, JAKARTA — Bagi Anda yang suka traveling atau melancong ke tempat-tempat menarik, ada baiknya mawas diri dengan tidak mem-posting tiket perjalanan di akun media sosial. Mengapa?

Promosi Dukung UMKM Go Ekspor, BRI Berangkatkan UMKM Kopi Gravfarm Ikuti Expo di AS

Memang tak ada yang melarang Anda untuk mengunggah foto tiket perjalanan di sosmed. Tapi, tahukah Anda kebiasaan yang kesannya sepel ini ternyata bisa mengancam keselamatan Anda sendiri.

Dengan mem-posting tiket perjalanan, orang-orang di dunia maya bisa mengetahui tujuan atau keberadaan Anda. Padahal, tidak semua orang di sosmed adalah orang baik.

Terkait dengan bahaya mem-posting tiket perjalanan ini, simak selengkapnya ulasan tersebut, sebagaimana dihimpun Detik dari pelbagai sumber, Senin (12/10/2015);

1. Bisa disalahgunakan
Sebuah foto yang sudah diposting di sosmed, otomatis akan dapat dilihat oleh seluruh pengguna Internet (netizen) di dunia. Bayangkan jika salah satu dari sekian orang yang melihat foto Anda punya niat jahat. Bukan tidak mungkin Anda akan didatangi dan orang tersebut mencelakai Anda dengan motif tersendiri.

Sebuah tiket yang mencatat nama lengkap atau jadwal dan kode penerbangan Anda bisa saja disalahgunakan oleh orang lain. Seseorang bisa saja mencari tahu ke mana Anda akan pergi, atau bahkan mengubah itinerary dengan mengaku sebagai Anda. Bahaya bukan?

2. Ada data diri
Dalam sebuah tiket, sudah pasti data diri Anda akan tercantum dengan jelas di dalamnya. Dengan mengetahui nama lengkap saja misalnya, seseorang dapat mengaku sebagai Anda dan memanfaatkannya untuk pelbagai kepentingan.

Misalnya, memakai nama Anda untuk membuat sebuah akun palsu yang nantinya bisa dipakai untuk menipu, atau mungkin saja mengakali liburan Anda dengan data diri yang ada di tiket. Ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi.

3. Memberitahukan keberadaan diri
Mem-posting tiket perjalanan kamu ke sosmed sama saja dengan memberitahukan seluruh dunia perihal tujuan Anda. Bisa saja mantan, fans, hingga bos Anda di kantor tahu akan keberadaan Anda. Bisa lain cerita urusannya!

Dengan mengetahui keberadaan Anda, siap-siap saja dimintai oleh-oleh dan pelbagai hal lainnya. Intinya, liburan Anda bisa jadi tidak nyaman apabila banyak orang yang tahu Anda ke mana. Lain halnya jika memang Anda ingin semua orang tahu ke mana tujuan liburan Anda.

4. Mengundang kejahatan
Dengan mengetahui Anda pergi liburan melalui postingan tiket di sosmed, bisa jadi ada orang yang memanfaatkannya untuk kejahatan. Saat pergi liburan, mungkin saja rumah Anda kosong dan mengundang orang yang tidak diinginkan. Misalnya pencuri.

Waspadalah karena ada banyak celah yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain apabila Anda mem-posting foto tiket di sosmed. Untuk menghindari masalah, sebaiknya Anda tidak mem-posting foto tiket ke sosmed. Nikmatilah liburan dengan rasa aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya