SOLOPOS.COM - ilustrasi bahasa tubuh (schoolatoz.nsw.edu.au)

Solopos.com, JAKARTA — Jangan sembarangan berperilaku di tempat kerja. Bahasa tubuh yang dihadirkan di tempat kerja bisa diartikan negatif oleh rekan kerja Anda.

Salah menempatkan bahasa tubuh, bisa-bisa dipecat oleh atasan. Berikut tujuh kesalahan bahasa tubuh yang harus dihindari di tempat kerja Anda sebagaimana dikutip Mag For Women:

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

1. Membungkuk

Banyak orang merasa terlalu lelah atau sedih di tempat kerja karena beberapa alasan. Meskipun tingkat energi Anda sedang rendah, Anda sebaiknya tidak membungkuk. Membungkuk benar-benar menggambarkan bahwa Anda tidak peduli tentang pekerjaan Anda atau bahkan diri Anda sendiri.

Itu dapat pula mengindikasikan bahwa Anda tidak tertarik dalam pekerjaan atau Anda tidak mengikuti petunjuk bos Anda serius. Jadi, berdiri tegak di tempat kerja dan menggambarkan Anda lebih siap. Ini akan meningkatkan harga diri Anda.

2. Berbicara

Ini adalah salah satu kesalahan utama yang sering dilakukan di tempat kerja. Ponsel dan laptop biasanya menjadi sesuatu yang sangat mengganggu pekerjaan di kantor. Gadget ini dapat membuat Anda terlihat tidak tertarik dengan hal-hal yang bos Anda atau rekan kerja katakan.

Jadi, cobalah untuk selalu menatap mata bos Anda ketika ia berbicara kepada Anda. Menunjukkan bahwa Anda mendengarkannya dengan baik. Berikan tanggapan ketika mereka berbicara ini akan menunjukkan apresiasi yang tinggi.

3. Kesalahan Kontak Mata

Anda harus mempertahankan kontak mata kanan ketika berbicara dengan orang di tempat kerja. Jangan menggeser mata Anda sambil berbicara karena ini akan membuat orang merasa bahwa Anda adalah orang yang kurang jujur. Jangan pernah berlama-lama dalam memberikan pandangan kepada siapa pun karena dapat membuat orang merasa risih. Waktu ideal untuk membuat kontak mata adalah selama tiga sampai lima detik saja, untuk melihat dari atas sampai kaki dan kemudian melihat ke tempat lain.

4. Fokus Lawan Bicara

Lebih baik untuk menghapus semua gangguan antara Anda dan orang lain saat Anda berbicara kepada mereka. Hal-hal seperti komputer, kursi atau meja bisa menjadi buruk bagi percakapan Anda. Hambatan tersebut dapat membuat orang merasa bahwa Anda terlalu tertarik dengan pembicaraan karena tidak berusaha menghindari gangguan yang ada. Hambatan dapat membatasi kesempatan Anda untuk membuat kesan positif pada orang-orang melalui kata-kata dan bahasa tubuh.

5. Bermain dengan Objek

Bermain terus-menerus dengan objek dapat membuat orang merasa bahwa Anda tidak dapat duduk diam dan fokus pada apa pun. Ini dapat menunjukkan bahwa Anda acuh tak acuh dan tidak sopan. Jangan memainkan jari-jari Anda ketika melakukan pertemuan dengan atasan atau rekan kerja. Ini akan mebuat Anda kurang dewasa dan tidak fokus.

6. Tidak Tersenyum

Hal ini jelas penting untuk mengenakan pakaian yang tepat untuk bekerja. Namun, Anda jangan pernah lupa untuk selalu tersenyum di tempat kerja. Senyum yang tulus dapat benar-benar akan menghapus kekurangan Anda. Senyum juga membuat Anda tampilan dengan nuansa positif.

7. Genit

Ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang dibuat. Perilaku genit seperti menggoda rekan kerja dapat membuat senior Anda dapat memberikan penilaian buruk terhadap Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya