SOLOPOS.COM - Air berwarna merah dipercaya bisa mengusir ayam. (Instagram/agendasolo)

Solopos.com, SOLO — Baru-baru ini viral di media sosial sebuah rumah yang disebut-sebut di Sragen, Jawa Tengah, di depannya terdapat air merah yang digunakan untuk mengusir ayam. Terkait hal tersebut, benarkah air berwarna merah bisa membuat ayam takut dan tidak berani mendekat?

Dalam video yang banyak diunggah di Instagram itu, air berwarna merah di dalam galon tersebut diletakkan di depan rumah. Galonnya yang digunakan pun tidak satu, ada beberapa.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Warga Sragen pasti tahu fungsi galon isi air warna merah di depan rumah,” bunyi keterangan dalam video tersebut yang diunggah oleh pengelola akun Instagram @agendasolo.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by AGENDA KOTA SOLO (@agendasolo)

Terkait hal tersebut, banyak yang penasaran kebenaran tentang air berwarna merah bisa mengusir ayam atau bahkan bisa membuat ayam takut masuk ke dalam rumah.

Menurut keterangan beberapa netizen di kolom komentar @agendasolo, air berwarna merah itu tidak mempan untuk mengusir ayam.

Gak mempan min, smpe tak kasih 2 galon tetep aja ayam tetangga buang kotoran sembarangan. Intip ku sing tak jemur entek di maem ayam. Jian ayame nakal tenan, beranak pinak sisan,” kata pengguna akun Instagram @mjane_olivefiqa.

Gak ngaruh blas, ayame masih buang kotoran dekat galon itu,” tulis pengguna akun @theresia_marias dalam bahasa Jawa.

Hingga sekarang pun belum terbukti mengenai keampuhan apakah air berwarna merah bisa mengusir ayam atau tidak.

Dalam sebuah artikel yang tayang di laman Backyardfarmlife.com, lampu berwarna merah justru disarankan agar ayam tidak takut dalam kegelapan di dalam kandang. “Jika ayam Anda takut tidur di kandang dan Anda curiga itu karena terlalu gelap di dalam kandang, Anda dapat mencoba memasang lampu merah redup, atau menyalakan sedikit lampu tidak langsung di dekat kandang untuk melihat apakah itu membantu!” bunyi keterangan dalam laman tersebut.

Di dalam laman tersebut juga dijelaskan ayam akan takut dengan apa yang dilihatnya negatif. Apabila seekor musang berwarna cokelat masuk ke dalam kandang ayam, ayam akan mengasosiasikan warna coklat dan bentuk binatang kecil yang licin. Jika rubah oranye melakukan hal yang sama, ayamnya juga akan takut dengan warna oranye.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya