SOLOPOS.COM - Jatim Park (Dok/JIBI)

Solopos.com, BATU— Wisata Nusantara menjelang Natal dan Tahun Baru kian semarak. Di Batu Jawa Timur, ditawarkan Pesta Kampung.

Hotel dan obyek wisata di Kota Batu, Jawa Timur, saling berlomba menggelar kegiatan untuk menyambut libur Natal dan Tahun Baru menyusul bakal banyaknya wisatawan yang masuk. Salah satun

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Natalina, Operation Manager Kampung Lumbung Boutique Hotel Kota Batu, mengatakan untuk memeriahkan malam pergantian tahu pihaknya sengaja membawa tamu atau wisatawan yang bermalam ke nuansa kampung.

“Perayaan tahun baru akan kami warnai dengan momen Pesta Kampung dengan menampilkan aneka menu makanan dan jajanan khas kampung tempo dulu mulai cenil hingga wedang ronde,” kata Natalina di Batu, Jumat (20/12/2013).

Apalagi selama libur Natal dan Tahun Baru hotel di tempatnya sudah fully booked. Berkaca dari sebelumnya momen liburan tersebut selalu dimanfaatkan oleh wisatawan untuk datang membanjiri Kota Batu.  Akibatnya Batu rentan mengalami kemacetan.

Agar wisatawan yang datang ke Batu merasa nyaman selama liburan pihaknya mendukung upaya Pemkot Batu menggelar car free night yakni membebaskan kawasan Alun-Alun Kota Batu dari kegiatan berkendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat.

Darmono, Kepala Bagian Operasi Polres Batu,mengatakan untuk mengurai kemacetan pada waktu pergantian tahun Polres Batu akan menerapkan car free night berupa larangan melintas di kawasan Alun-Alun Kota Batu.

“Larangan tersebut diberlakukan pada 31 Desember 2013 pukul 18.20 hingga 1 Januari 2014 dini hari,” jelas dia.

Kebijakan tersebut mulai disosialisasikan petugas Polres Batu dalam rapat koordinasi pengamanan Natal dan Tahun Baru di Pemkot Batu. Dalam car free night seluruh kendaraan bermotor dilarang melintas di sekitar Alun-Alun Batu mulai Jalan Gajahmada, Jalan Munif, Jalan Kartini, dan Jalan Sudiro.

Sebagai ganti petugas akan menyiapkan sejumlah kantong parkir di sekitar Alun-Alun Batu. Kendaraan hanya diperbolehkan parkir di tempat tersebut dan tidak bisa masuk ke alun-alun.

“Kantong parkir tersebut diantaranya berada di halaman eks Poja Jalan Diponegoro, Toko Oleh-oleh Brawijaya, Rumah Sakit Paru, Ruko Jalan Ahmad Yani, Asrama Polsek Batu, serta Komplek Ruko BRI,” ujarnya.

Selain menerapkan car free night petugas juga akan menerapkan one way traffic atau jalur satu arah seperti yang biasa dilakukan sewaktu puncak liburan terjadi di Kota Batu. Jalur satu arah tersebut akan diberlakukan mengikuti jadwal liburan sekolah.

Lonjakan arus wisatawan diperkirakan terjadi  mulai musim libur sekolah tiba yakni 22 Desember 2013 hingga 4 Januari 2014 mendatang. Selama operasi Lilin Semeru 2013 Polres Batu akan mengerahkan 250 orang personil, 8 pos pengamanan, 8 pos wisata, dan pos pantau yang dipetakan di 7 titik rawan kecelakaan lalu-lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya