SOLOPOS.COM - Enam pusaka milik Keraton Mangkunegaran yang ada di Kabupaten Wonogiri dikirab sebelum dilakukan jamasan atau pembersihan, di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Minggu (25/11/2012). Jamasan pusaka itu sebagai wujud pembersihan diri untuk menyambut 1 Muharram 1434 Hijriyah atau dalam budaya Jawa yakni 1 Sura. (JIBI/SOLOPOS/Ayu Abriyani KP)

Solopos.com, WONOGIRI — Jamasan Pusaka untuk memperingati 1 Sura pada November mendatang diusulkan digelar di Kecamatan Selogiri. Rencana itu diharapkan bisa menarik wisatawan dan memperluas pariwisata di wilayah.

Camat Selogiri, Bambang Haryanto, mengatakan rencana itu telah ia usulkan ke Pemkab untuk upaya penyebarluasan lokasi wisata.
“Kami bukannya ingin mengambil alih kegiatan Pemkab. Tapi, kami hanya meminta untuk acara-acara budaya sebaiknya diadakan di wilayah sehingga masyarakat bisa ikut serta secara langsung dalam kegiatan itu,” katanya kepada Solopos.com, Sabtu (28/9/2013).

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Selain itu, lanjut dia, bisa memeningkatkan ekonomi masyarakat karena mereka bisa memanfaatkan momentum tersebut untuk berjualan makanan, minuman dan kerajinan untuk cinderamata. Menurutnya, sebelum tahun 80-an, acara Jamasan Pusaka dalam rangka peringatan 1 Sura digelar di pendapa Kecamatan Selogiri.

Namun, menurut Bambang, saat masa pemerintahan Bupati Umarsono, acara jamasan pusaka tersebut dipindah ke Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) untuk menarik pengunjung ke waduk. “Intinya, kami bukan ingin merebut kembali. Tapi untuk menarik wisatawan ke wilayah. Jadi, ada alternatif wisata selai di WGM,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya