SOLOPOS.COM - Marissa Mayer, CEO Yahoo (nymag.com)

Solopos.com, SOLO – Top 50 US Internet Properties merilis daftar mesin pencari terpopuler di Amerika Serikat. Hasilnya, Yahoo berhasil menaklukan Google. Padahal dalam lima tahun terakhir, Google selalu menjadi jawara.

Tak urung prestasi ini kemudian dikaitkan dengan Marissa Ann Mayer, CEO Yahoo! Sebelumnya Mayer merupakan eksekutif dan juru bicara utama di Google.

Promosi Dukung UMKM Go Ekspor, BRI Berangkatkan UMKM Kopi Gravfarm Ikuti Expo di AS

Sebagaiman dikutip berbagai sumber, kepindahan Mayer dari Google ke Yahoo dilakukan sejak Juli 2012. Setahun lebih menjabat di Yahoo wanita cantik kelahiran 30 Mei 1975 ini dinilai membawa angin perubahan bagi Yahoo.

Kepala Bidang Penelitian Teknologi S&P Capital IQ—sebuah lembaga penelitian IT di Amerika, Scott Kessler mengatakan Mayer menjadikan Yahoo lebih berkembang. Beberapa terobosannya untuk mengembangkan layanan foto Flickr dan Tumblr sukses sehingga mendatangkan pundi-pundi bagi Yahoo.

Siapakah Marissa?

Mayer merupakan tokoh CEO termuda perusahaan Fortune 500.  Kedua orangtuanya merupakan insinyur. Dia lulus kuliah dari Stanford University dengan gelar BS dalam sistem simbolis dan M.S. dalam ilmu komputer.

Pada tahun 2009, dia mendapat gelar Honoris Causa karena karyanya di sistem pencarian diakui oleh Illinois Institute of Technology. Pada 1999 dia bergabung dengan Google.

Dia merupakan insinyur perempuan pertama di perusahaan itu. Selain insiyur, di Google dia juga seorang desainer, manajer produk dan eksekutif muda. Di Google, Mayer bertanggung jawab untuk mengawasi peluncuran beberapa produk perusahaan yang paling ikonik, termasuk Gmail, Google Maps, dan iGoogle.

Peninggalan Mayer yang paling melekat bagi pemakai Google yakni tampilan minimalis pada mesin pencari.

Mayer terpilih dalam daftar 50 wanita paling berpengaruh dalam bisnis oleh Majalah Fortune pada yahun 2008 (peringkat 50), 2009 (peringkat 44), 2010 (peringkat 42) dan 2011 (peringkat 2008).

Kemudian majalah Glamour Magazine menempatkan Marissa sebagai salah satu perempuan berpengaruh pada 2009.  Pada 16 Juli 20012 Mayer resmi bergabung ke Yahoo.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya