SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur nyenyak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Susah terlelap di malam hari menjadi masalah sebagian besar orang, karena itu tak ada salahnya mengikuti tiga langkah mudah untuk tidur lebih baik menurut para ahli. Untuk mengatasi gangguan tidur, simak ulasannya di tips sehat kali ini.

“Sebuah studi global pada  November 2023 dari MyFitnessPal mengungkapkan bahwa 23 persen orang Amerika menilai kualitas tidur mereka buruk, dan sekitar sepertiganya mengatakan kualitas tidur mereka semakin buruk dalam setahun terakhir,”  jelas Chris W Winter, M.D., ahli saraf, spesialis tidur, dan juru bicara MyFitnessPal.

Promosi Top! BRI Masuk Daftar 20 Perusahaan Top yang Perlu Diperhatikan Tahun 2024

Menurut psikolog klinis, pakar pengobatan tidur, dan pendiri The Sleep Doctor, Michael Breus, Ph.D., di dunia yang penuh dengan gangguan teknologi, hal yang harus dilakukan, ketidakpastian sosial, dan stres, tidur bukanlah prioritas bagi kebanyakan orang. “Banyak [orang] bahkan tidak berpikir untuk tidur sampai larut malam. Pada saat itu, mereka belum memiliki ‘landasan pacu’ yang cukup untuk mendaratkan pesawat,” atau cukup waktu untuk melakukan pendaratan yang mulus setelah seharian penuh.

Berikut ini tiga langkah mudah untuk tidur lebih baik dikutip dari shape.com pada Rabu (15/5/2024):

1. Tetap Konsisten

Menurut Breus, konsistensi dalam gaya hidup Anda secara keseluruhan akan membantu tubuh Anda mengetahui apa yang diharapkan –termasuk kapan harus berhenti. Jadwal yang teratur sangat penting dalam hal waktu bangun.

“Saat Anda bangun, tubuh Anda mengatur ulang ‘pengatur waktu melatonin’, jadi jika waktu bangun Anda bervariasi, produksi melatonin Anda juga bervariasi,” kata Dr. Breus, mengacu pada hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita untuk membantu mengontrol tidur kita.

“Melatonin sebenarnya adalah kunci yang menghidupkan mesin untuk tidur, dan produksi yang tidak konsisten membuat tidur lebih sulit dicapai. Semakin konsisten Anda, semakin efisien tidur Anda,” tambah Breus.

Tidur nyenyak sangat dipengaruhi oleh ritme sirkadian dan waktu seperti tidur, bangun, olahraga, dan waktu makan, kata Dr. Winter. Dengan demikian menciptakan rutinitas yang konsisten sangat penting untuk meningkatkan kualitas tidur. Untuk membantu Anda tetap konsisten sehari-hari, pertimbangkan untuk menambahkan alarm 1 jam sebelum waktu tidur untuk mengingatkan Anda agar mulai tidur.

“Cahaya pagi pada waktu yang sama setiap hari membantu mengatur metronom untuk tubuh kita, yang oleh para ahli tidur disebut ritme sirkadian,” kata  ahli saraf tidur dan anggota dewan penasihat medis Ozlo Sleep, Meredith Broderick, M.D. “Jika kita mengatur hal ini, kita akan mendapatkan kualitas tidur terbaik.”

2. Jadwalkan Waktu untuk Aktivitas Menghilangkan Stres

Langkah berikutnya untuk tidur lebih baik yaitu jadwalkan waktu untuk aktivitas menghilangkan stres. Breus memperkirakan bahwa sekitar 75 persen pasiennya yang didiagnosis menderita insomnia mengalami kecemasan, yang menurutnya justru menjadi pemicu kurang tidur mereka.

“Pada tingkat biologis, kecemasan meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan kognisi; tiga hal yang tentunya tidak ingin Anda tingkatkan baik sebelum tidur atau saat Anda mencoba untuk tertidur,” kata Dr. Breus.

Idealnya, detak jantung kita harus berada pada angka 60 atau lebih rendah untuk memasuki kondisi tidur, Dr. Breus menjelaskan, dan jika Anda merasa lelah dan sistem saraf Anda waspada dalam mode melawan-atau-lari, ini bisa jadi sulit.

3. Perhatikan Makanan

Makanan berlemak dan pedas yang berlebihan – dan kalori secara umum – dapat membuat Anda terjaga di malam hari, kata National Sleep Foundation. Di sisi lain, makanan dan minuman yang mengandung sejumlah vitamin, mineral, antioksidan, melatonin, dan triptofan cenderung meningkatkan kualitas tidur, menurut ulasan April 2020 di jurnal Nutrients.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya