SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita merasa kehilangan semangat hidup. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Terkadang manusia merasa hampa, karena itu ketahui cara untuk menemukan kembali makna hidup Anda. Kebiasaan sehari-hari yang berulang, pencapaian yang tidak luar biasa, keseharian yang sama bertahun tahun menjadi titik munculnya perasaan meaningless ini. Untuk menjaga kesehatan mental, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Jika hal ini terjadi pada Anda, maka Anda tidaklah sendirian. Ada banyak orang di luar sana merasakan hal serupa.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Perasaan meaningless ini tentu berbeda tergantung pada individu. Dikutip dari psychcentral.com pada Rabu (14/2/2024) contoh alasan dari munculnya perasaan ini pada kondisi kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan suasana hati dapat mengarahkan ke perasaan sedih atau tanpa harapan. Hal ini memiliki kemungkinan untuk menurunkan ketertarikan seseorang pada suatu aktivitas yang diminati sebelumnya.

Terlebih, perasaan tidak puas pada pekerjaan, rumah, atau kehidupan sosial juga mungkin menyebabkan seseorang untuk mencari makna lebih dalam pada hidupnya. Meskipun begitu, bantuan tersedia untuk meningkatkan kepuasan dan alasan hidup.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan kembali makna hidup Anda:

1. Hiduplah dengan harapan

Ketika Anda hidup dengan harapan, Anda akan menyadari alasan mengapa Anda melakukan hal yang sedang Anda lakukan. Anda akan mempertimbangkan setiap aspek hidup untuk melihat apakah itu sejalan dengan visi atau tujuan Anda. Hidup dengan harapan ialah penerapan dari menata hari ke hari Anda berdasarkan kepercayaan inti dan nilai yang dimiliki.

Perjalanan hidup yang memiliki harapan bisa menjadi tantangan ketika Anda memulai menentukan nilai-nilai dan keyakinan pribadi Anda. Mungkin berguna untuk berlatih berbicara positif pada diri sendiri dan menjauhkan diri dari gangguan-gangguan, seperti media sosial, selama waktu ini.

2. Berlatih untuk mensyukuri

Cara berikutnya untuk menemukan makna hidup adalah berlatih bersyukur. Penelitian pada tahun 2017 menyarankan bahwa merasa dan menunjukkan apresiasi terhadap apa yang Anda miliki dalam hidup adalah cara untuk merangkul hal-hal baik di sekitar Anda. Ini dapat membantu membimbing Anda menuju kehidupan impian Anda dan membantu Anda menemukan tujuan dalam sehari-hari.

Penelitian pada tahun 2022 menunjukkan bahwa menulis ucapan terima kasih dapat membantu orang untuk meresapi kembali situasi mereka secara positif, mengurangi stres, dan meningkatkan suasana hati.

3. Temukan hal yang memberikan arti pada hidup

Mencari hal-hal yang memberikan makna dalam hidup Anda dapat membantu Anda menemukan aspek positif. Terkadang, hal-hal yang tampak sepele lah yang memberikan makna paling dalam, termasuk pemandangan alam yang indah atau berkat yang tak terduga.

Dokter Noelle Nelson, psikolog klinis dan seorang penulis, menjelaskan bahwa melakukan sesuatu dengan makna melibatkan memberikan tindakan tersebut signifikansi dan nilai.

Nelson memberikan contoh berikut tentang cara menemukan makna dalam kehidupan sehari-hari Anda:
– Menetapkan alarm di pagi hari untuk memberi diri Anda waktu yang cukup untuk bersiap-siap tanpa merasa terburu-buru.
– Memeluk pasangan, bukan karena itu rutinitas, tetapi karena Anda ingin mengekspresikan seberapa banyak anda menghargai mereka.

4. Fokuslah terhadap hubungan positif

Cara berikutnya menemukan makna hidup Anda yaitu dengan fokus pada hubungan positif. Menghabiskan waktu dengan orang-orang positif ialah cara yang benar untuk menemukan makna pada hidup Anda. Hubungan terbaik untuk dijalani adalah dengan orang-orang yang memberikan dukungan dan positivitas sambil mendorong Anda dalam perjalanan Anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan memberi ruang untuk kenangan masa lalu dengan berkumpul bersama keluarga dan teman, mendengarkan musik yang mengingatkan Anda pada saat-saat bahagia, atau membuat scrapbook untuk peristiwa-peristiwa penting dalam hidup.

Menurut penelitian pada tahun 2022, menghabiskan waktu dalam nostalgia dapat membantu orang menemukan, mempertahankan, dan mengembalikan makna dalam hidup.

Penelitian juga menyarankan bahwa nostalgia dapat meningkatkan rasa memiliki dan penerimaan, bahkan ketika Anda dihadapkan pada tantangan dalam hidup.  Penting untuk dicatat bahwa tidak semua orang memiliki masa lalu yang positif untuk dikenang. Jika Anda tidak memiliki pengalaman positif dengan nostalgia, pertimbangkan untuk mengidentifikasi orang atau pengalaman yang membawa kenangan yang lebih positif atau menyenangkan bagi Anda.

5. Temukan ahli untuk membantu

Perjalanan untuk menemukan makna pada hidup bisa saja sulit, tetapi Anda tak perlu untuk melakukannya sendiri. Pertimbangkan untuk berdiskusi dengan terapis untuk meminta bantuan menghadapi dan menemukan makna dari hidup.

Jika Anda berada di kondisi kesehatan mental, mereka juga bisa membantu untuk mengatur gejala yang mana mungkin ikut terlibat pada rasa yang sedang Anda alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya