SOLOPOS.COM - Ilustrasi wedang ronde. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Belakangan ini kondisi cuaca sering terasa dingin karena hujan. Curah hujan yang tinggi sering kali membuat tubuh kedinginan bahkan rentan terserang penyakit.

Dikutip dari laman Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Kamis (18/1/2024), konsultan alergi imunologi, Prof dr Iris Rengganis, mengungkapkan hal ini bisa terjadi karena tubuh mengalami penurunan imun.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

“Sistem imun bisa saja menurun karena kondisi cuaca. Makanya banyak orang yang pada musim hujan itu jadi lebih mudah sakit, apalagi jika punya alergi” kata konsultan yang juga spesialis penyakit dalam itu.

Suhu dingin karena hujan deras mengakibatkan turunnya suhu tubuh yang menyebabkan kedinginan hingga rentan terkena penyakit. Meski begitu, secara fisiologis makan makanan panas dapat menjadi opsi penghangat bagi tubuh.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa dimakan untuk menghangatkan tubuh saat hujan:

Mi Rebus

Mi rebus merupakan makanan sejuta umat. Hidangan ini cocok disajikan di berbagai situasi serta kondisi, termasuk saat hujan. Makanan ini dipasarkan secara bebas di sejumlah toko atau swalayan dengan berbagai jenis pilihan rasa.

mi instan
Mi rebus instan. (freepik)

Cita rasanya yang lezat serta cara olahnya yang mudah menjadikan makanan ini menjadi primadona bagi tiap kalangan. Dengan tambahan seperti sosis atau sayuran, makanan ini menjadi hidangan sempurna untuk disantap.

Sup

Jika bosan dengan mi rebus, mungkin Anda bisa mencoba hidangan lain seperti sup. Makanan yang dibuat dari kaldu daging atau ayam ini umumnya disantap bersamaan dengan nasi putih dan lauk-pauk. Meski begitu, Anda juga dapat mengkreasikannya dengan sejumlah bahan lain seperti bakso dan ayam.

Ilustrasi sup ayam makaroni. (Freepik)

Wedang Ronde

Wedang ronde telah menjadi salah satu hidangan umum bagi masyarakat pulau Jawa khususnya Jawa Tengah dan Yogyakarta. Minuman ini pada dasarnya merupakan hasil akulturasi dengan makanan dari Cina yakni ronde atau T?ngyuán.

Minuman ini diramu dengan beraneka bahan yang dipadukan dengan air rebusan jahe sebagai bahan utama. Khasiat jahe yang menghangatkan tubuh membuat minuman ini cocok diminum saat hujan.

Wedang ronde. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)
Wedang ronde. (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Angsle

Wedang angsle atau yang lebih dikenal sebagai angsle merupakan olahan berjenis minuman. Angsle adalah sajian kuliner khas Malang Jawa Timur.

Dikutip dari Wikipedia, angsle diracik dengan beberapa bahan seperti ketan putih, potongan roti, mutiara, daun pandan, kacang tanah, hingga emping belinjo. Semua isian itu dipadukan dengan santan panas. Dulunya makanan ini disajikan dalam keadaan panas namun kini, beberapa penjual turut mengkreasikannya menjadi hidangan dingin yang dapat menemani kegiatanmu.

Soto

Siapa yang tak kenal soto? Makanan berkuah ini adalah telah ramai dikenal, tidak hanya Indonesia bahkan mulai diperkenalkan di kancah internasional. Makanan ini sekilas mirip dengan sup. Bedanya, makanan ini disajikan langsung dengan nasi putih, tauge, serta suwiran daging.

Soto lethok khas Yogyakarta
Soto khas Yogyakarta disajikan dengan olahan perkedel singkong yang disebut dengan lethok (pariwisatakotajoga.go.id)

Makanan ini biasa menjadi menu sarapan di pagi hari. Meski turut disajikan bersama suwiran daging, Anda tetap dapat menikmatinya dengan berbagai olahan lain seperti tempe, tahu, bakwan dan lainnya. Rasanya yang segar membuat makanan ini cocok disantap untuk menghangatkan tubuh. (Solopos.com/Aryo Satryo Tamtomo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya