SOLOPOS.COM - Ilustrasi ucapan Ramadan. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Dalam Islam terdapat amalan yang bisa dilakukan umat muslim untuk menyambut bulan puasa Ramadan 2024.

Meski pemerintah belum memutuskan kapan 1 Ramadan 1445 H/2024, Nahdlatul Ulama (NU) memprediksi awal puasa Ramadan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Ketua LF PBNU, Kiai Sirril menyatakan, melalui pengalaman, hilal tidak mungkin dapat dirukyat pada 29 Syakban 1445 H atau bertepatan dengan Minggu, 10 Maret 2024.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Untuk awal Ramadan tahun ini, dengan memperhatikan posisi hilal baik tinggi maupun elongasinya, secara pengalaman atau tajribah, hilal tak mungkin dapat dirukyat pada Ahad sore 10 Maret. Jadi langkah ikmal/istikmal Syakban sebagaimana tertulis di almanak PBNU sudah benar. Insyaallah fix 1 Ramadan 1445 H bertepatan dengan 12 Maret 2024 M,” kata Kiai Sirril dalam laman resmi Nahdlatul Ulama (NU online), Selasa (27/2/2024).

Sementara itu, Muhammadiyah memutuskan 1 Ramadan 1445 H pada Senin, 11 Maret 2024. Kementerian Agama (Kemenag) sendiri baru akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1445 H pada Minggu (10/3/2024).

Terlepas dari hal tersebut, umat Islam bisa melaksanakan amalan berikut ini untuk menyambut puasa Ramadan 2024 menurut NU dalam laman resminya.

Amalan Menyambut Puasa Ramadan 2024

  • Meneguhkan Niat Amal Kebaikan

Niat adalah fondasi dari amal perbuatan. Sebelum masuk Ramadan, umat Islam bisa berniat untuk melakukan kegiatan yang diantaranya tadarus Al-Qur’an, bertaubat, dan sebagainya.

  • Meningkatkan Pengetahuan Seputar Ramadan

Menjelang Ramadan, umat muslim hendaknya mengulas kembali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Ramadan. Mengkaji kembali apa saja rukun puasa, syarat puasa, dan hal-hal yang membatalkan puasa.

  • Mempersiapkan Fisik dan Psikis

Mempersiapkan kesehatan fisik dan psikis badan agar bisa menjalankan ibadah di bulan Ramadan secara optimal merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk menyambut puasa Ramadan 2024.

  • Mempersiapkan Harta Benda

Hal ini penting dilakukan agar bisa menafkahi keluarga dengan maksimal. Di samping itu agar bisa bersedekah kepada sesama di bulan Ramadan.

  • Berdoa Menyambut Bulan Ramadan

Umat muslim juga bisa membaca doa berikut unutk menyambut puasa Ramadan.

Allahumma barik lana fi Rajaba wa Sya’bana wa ballighna Ramadhana.

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Syakban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadan.” (HR Ahmad).

Allahumma sallimni ila ramadhaana wasallim lii ramadhaana wa tasallamhu minni mutaqobbalan.

Artinya: Ya Allah, selamatkan aku hingga sampai Ramadan, dan selamatkan Ramadan untukku, dan terimalah Ramadhan dariku dengan benar-benar diterima.

  • Berdoa ketika Melihat Hilal Ramadan

Allahumma ahillahu ‘alaina bil ammni wal imani wassalamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah hilalu rusydin wa khairin.

Artinya: Ya Allah, perlihatkanlah hilal itu kepada kami dengan keamanan dan keimanan, keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah, hilal petunjuk dan kebaikan.

  • Mengucapkan Selamat Datang Ramadan kepada Sesama Muslim

Amalan yang juga bisa dilakukan untuk menyambut puasa Ramadan 2024 adalah dengan mengucapkan selamat kepada sesama umat muslim.

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan mulia. Diwajibkan kepada kalian puasanya, di dalamnya pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya ada malam yang lebih baik daripada 1000 malam. Siapa saja yang terhalang dari kebaikannya, maka ia terhalang dari kebaikan.” (HR Ahmad dan An-Nasai).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya