SOLOPOS.COM - Ilustrasi tangan berbulu lebat. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Wanita punya banyak bulu di tangan sering diartikan memiliki libido tinggi, benarkah demikian?  Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Wanita yang punya banyak bulu bisa menandakan suatu kondisi medis yang disebut hirsutisme. Hirsutisme sendiri merupakan salah satu gejala sindrom ovarium polikistik (PCOS), yaitu suatu gangguan keseimbangan hormon pada wanita.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Melansir situs Reproductive Facts dan dikutip dari hellosehat.com pada Rabu (15/11/2023), PCOS membuat ovarium memproduksi hormon androgen dalam jumlah berlebih. Kira-kira 10% populasi wanita yang berbulu lebat mengalami kondisi ini.

Sebelum mengetahui arti wanita punya banyak bulu di tangan, ketahui  ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan wanita berbulu lebat, di antaranya sebagai berikut:

1. Sindrom Cushing

Sindrom Cushing terjadi ketika tubuh Anda terpapar hormon kortisol dalam jumlah tinggi.  Selain akibat produksi hormon kortisol yang berlebihan dari kelenjar adrenal, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, seperti prednison.

2. Peningkatan hormon testosteron atau androgen

Kondisi bawaan ini ditandai dengan produksi hormon steroid yang tidak normal oleh kelenjar adrenal, termasuk hormon kortisol dan androgen.

3. Pengaruh obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, termasuk obat yang mengandung kortisol dan sejumlah alat kontrasepsi.

4. Adanya tumor

Meski jarang terjadi, tumor yang menghasilkan hormon androgen dari ovarium atau kelenjar adrenal juga dapat menjadi alasan mengapa seorang wanita berbulu lebat.

5. Menopause

Selama fase menopause, ovarium berhenti memproduksi hormon estrogen, tapi terus memproduksi hormon androgen.  Penurunan hormon estrogen akan membuat hormon androgen memiliki dampak yang lebih besar terhadap tubuh. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan jumlah rambut, terutama pada wajah.

Arti wanita punya banyak bulu lebat di tangan apakah pertanda punya gairah seksual tinggi? Hormon androgen pada wanita, seperti hormon testosteron, diproduksi secara alami di kelenjar adrenal.  Selain berdampak pada fungsi libido (gairah seksual) dan sikap agresif, testosteron juga memengaruhi pertumbuhan rambut halus pada kelamin, perkembangan otot, endapan lemak di sekitar pinggang, dan fungsi otak.

Dalam penelitian terbaru, diketahui bahwa testosteron pada pria sama sekali tidak berhubungan dengan libido atau gairah, bahkan pada orang yang sehat sekali pun.  Sementara itu, wanita sehat dengan testosteron tinggi cenderung memiliki minat yang lebih besar untuk masturbasi dibandingkan ketika bercinta dengan pasangannya.

Ini artinya, wanita yang punya banyak bulu di tubuh dan tangan akibat tingginya kadar testosteron mungkin saja memiliki gairah yang lebih tinggi.  Apalagi, studi dalam jurnal Archives of Sexual Behavior juga menemukan fakta bahwa pemberian hormon testosteron tambahan pada wanita terkadang akan meningkatkan nafsu atau libidonya untuk sementara.

Akan tetapi, pemberian hormon tambahan yang berlebihan atau terlalu sering malah akan membuat wanita tersebut kehilangan libidonya.

Meski demikian, studi-studi unik tentang hal ini tidak lantas bisa dijadikan landasan sains yang saklek.

Ini berarti wanita yang berbulu lebat belum tentu memiliki nafsu yang tinggi. Terlebih, kebanyakan studi tentang hasrat dan hormon reproduksi menggunakan subjek binatang.

Studi-studi tersebut pun fokus pada orang-orang yang memiliki testosteron rendah atau tinggi secara abnormal dan sengaja datang ke rumah sakit untuk diobati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya